hubungan kepemimpinan kharismatik kepala madrasah dengan kinerja tenaga pendidik : penelitian ex post facto di Ypp Al-Furqoniyah

Maulana, Rizky (2024) hubungan kepemimpinan kharismatik kepala madrasah dengan kinerja tenaga pendidik : penelitian ex post facto di Ypp Al-Furqoniyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)

Abstract

Pemimpin merupakan salah satu faktor yang berhubungan erat dengan kinerja Tenaga Pendidik. Kinerja Tenaga Pendidik sebagai sumber daya manusia untuk mencapai tujuan organisasi. Karena tanpa adanya kepemimpinan, hubungan antara tujuan pribadi dan tujuan organisasi akan menjadi lemah. Berkembangnya lembaga pendidikan Islam bukan hanya dilihat dari kinerja Tenaga Pendidik dan tenaga kependidikan saja, namun kepemimpinan seorang Kepala Madrasah juga menjadi sangat sentral selaku pemegang lentera yang dapat mengarahkan kinerja Tenaga Pendidik dan tenaga kependidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kepemimpinan kharismatik Kepala Madrasah swasta di YPP Al-Furqoniyah Bogor, (2) kinerja Tenaga Pendidik di YPP Al-Furqoniyah Bogor, dan (3) Hubungan kepemimpinan kharismatik Kepala Madrasah swasta dengan kinerja Tenaga Pendidik di YPP Al-Furqoniyah Bogor.Metode penelitian ini menggunakan metode Ex Post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuisioner dengan jumlah responden 50 orang. Analisis datanya, yaitu: (1) analisis statistik deskriptif, (2) uji instrumen, (3) uji asumsi klasik. dan (4) uji hipotesis. Berdasarkan hasil pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) kepemimpinan kharismatik Kepala Madrasah, yang diukur berdasarkan empat indikator terbukti pada kategori “Tinggi” dengan nilai rata-rata 4,07; (2) Kinerja Tenaga Pendidik, yang dinilai melalui lima indikator berada pada kategori “Tinggi” dengan nilai rata-rata 3,71. Hasil analisis juga mengungkapkan bahwa adanya hubungan antara kepemimpinan kharismatik Kepala Madrasah dan kinerja Tenaga Pendidik di YPP Al-Furqoniyah Bogor, sebesar 25,6%. Adapun implikasi dari temuan ini menunjukan bahwa kepemimpinan kharismatik Kepala Madrasah yang tinggi dapat meningkatkan kinerja Tenaga Pendidik di YPP Al-Furqoniyah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kharismatik; kinerja; Tenaga Pendidik; madrasah
Subjects: Applied Psychology > Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rizki Maulana
Date Deposited: 17 Sep 2024 02:31
Last Modified: 17 Sep 2024 02:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98528

Actions (login required)

View Item View Item