Anjani, Nafisya (2024) Peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia materi teks wacana menggunakan Model Numbered Head Together berbantu permainan ular tangga di kelas III SDIT Santiniketan : Penelitian tindakan kelas di SDIT Santiniketan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (145kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan temuan permasalahan yang terdapat pada siswa kelas III SDIT Santiniketan, Hasil wawancara dengan guru kelas, diperoleh informasi permasalahan yang dihadapi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia. Rendahnya hasil belajar karena pembelajaran masih berpusat pada guru dan siswa kurang aktif. Diperlukan model pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa sebelum, pemahaman siswa pada proses, dan pemahaman siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Numbered Head Together berbantu permainan ular tangga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc. Taggart dengan tahapan penelitian perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sumber data adalah siswa kelas III SDIT Santiniketan. Jenis data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan data kuantitatif tentang proses dan hasil pembelajaran teks wacana Bahasa Indonesia. Proses keterlakasanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together berbantu permainan ular tangga memperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I dan II masing-masing 40% dan 47%, kemudian untuk keterlaksanaan aktivitas siswa pada siklus III dan IV masing-masing meningkat menjadi 63% dan 80%. Sedangkan untuk keterlaksanaan aktivitas guru pada pada siklus I dan II masing masing 60% dan 71%, kemudian untuk keterlaksanaan aktivitas guru pada siklus III dan IV masing masing meningkat menjadi 77% dan 95%. Hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together berbantu permainan ular tangga pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SDIT Santiniketan mengalami peningkatan. Pada siklus I dan II masing-masing hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 66 dan 69 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 73% dan 76% dengan kategori baik, sedangkan pada siklus III dan IV masing-masing memperoleh nilai rata-rata sebesar 70 dan 76 dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 80% dan 95% dengan kategori baik dan sangat baik. Jadi, penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbantu permainan ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III SDIT Santiniketan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran Numbered Head Together; Permainan Ular Tangga |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nafisya Anjani |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 03:51 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 03:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98571 |
Actions (login required)
View Item |