Pengembangan worksheet berbantuan Artificial Intelligence (AI) melalui pembelajaran MASTER untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan resiliensi peserta didik

Al Mujahidah, Syafa Al Qolbi (2024) Pengembangan worksheet berbantuan Artificial Intelligence (AI) melalui pembelajaran MASTER untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan resiliensi peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (890kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy

Abstract

Teknologi saat ini menjadi ciri utama praktik pendidikan di dunia, namun perkembangan teknologi yang cepat belum sepenuhnya dimanfaatkan secara optimal pada dunia pendidikan, khususnya pada bidang matematika. Kemajuan teknologi dalam matematika turut mendukung peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik sehingga mereka dapat menyelesaikan masalah matematis secara lebih sistematis, praktis, dan terstruktur. Optimalisasi kemampuan pemahaman konsep matematis harus dibarengi dengan sikap resiliensi peserta didik. Oleh karena itu, tujuan penelitian difokuskan untuk mengembangkan sebuah worksheet berbantuan Artificial Intelligence (AI) melalui pembelajaran MASTER yang interaktif, inovatif, dan fleksibel dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan sikap resiliensi peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Research and Development (RnD) dengan model desain pengembangan ADDIE (Analys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sumber data diperoleh dari hasil validasi media, bahasa, materi, guru matematika kelas VII MTS PERSIS Tarogong, skala kecil, skala besar, dan kelas desiminasi tahun ajaran 2024/2025. Hasil dari penelitian ini, yaitu produk worksheet berbantuan Artificial Intelligence (AI) dengan kategori valid, efektif meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan sikap resiliensi peserta didik, serta sangat praktis digunakan sebagai bahan ajar pada materi bilangan bulat kelas VII menggunakan kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: worksheet; Artificial Intelligence (AI); pembelajaran MASTER; pemahaman konsep matematis; resiliensi
Subjects: Special Computer Methods > Artificial Intelligence
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Private Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Syafa Al Qolbi Al Mujahidah
Date Deposited: 18 Sep 2024 01:42
Last Modified: 18 Sep 2024 01:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98600

Actions (login required)

View Item View Item