Manajemen Rekrutmen Peserta didik program kela unggulan : penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Cirebon

Prayoga, Abdul Halim (2018) Manajemen Rekrutmen Peserta didik program kela unggulan : penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Cirebon. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (575kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy

Abstract

MAN 2 Cirebon adalah madrasah yang memiliki dua sistem penerimaan peserta didik baru. Dalam manajemen rekrutmen peserta didik program kelas unggulan di MAN 2 Cirebon yaitu adanya program kelas unggulan dan program kelas regular. Adapun proses penerimaan peserta didik baru khususnya program kelas unggulan memiliki 3 jalur untuk bisa masuk sebagai peserta didik MAN 2 Cirebon. Diantaranya : pertama yaitu jalur prestasi yang diambil dari peserta didik yang memiliki prestasi rangking 1 dan 2 di sekolah sebelumnya, yang kedua, jalur tahfidz yaitu bagi peserta didik yang memiliki tingkat hafalan Al-Qur’an minimal 3 juz dan yang ketiga adalah melalui jalur terpadu, yaitu dengan mengikuti proses seleksi test dan wawancara di MAN 2 cirebon Adapun tujuan penelitian ini diambil dari rumusan masalah yakni untuk : 1) mengetahui perencanaan rekrutmen peserta didik program kelas unggulan. 2) pelaksanaan rekrutmen peserta didik program kelas unggulan. 3) pengawasan rekrutmen peserta didik program kelas unggulan.4) hasil rekrutmen peserta didik program kelas unggulan. 5)faktor penunjang dan penghambat dalam pelaksanaan rekrutmen peserta didik program kelas unggulan. Berangkat dari kerangka pemikiran bahwa pentingnya manajemen rekrutmen peserta didik untuk mensukseskan tujuan pendidikan. dengan meliputi kegiatan proses perencanaan, pengawasan, dan evaluasi yang meliputi didalamnya diantaranya pembentukan panitia penerimaan,pembuatan,pengumuman,pendaftaran, seleksi, rapat penentuan,pengumuman hasil dan regisgtrasi daftar ulang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripstif, metode ini mendeskripsikan manajemen rekrutmen peserta didik program kelas unggulan di MAN 2 Cirebon. Data yang diperoleh berupa data hasil observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data dengan cara penafsiran deskriptif semata-mata dan diuji keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, pengecekan teman sejawat, analisis kasus,kecukupan referensi, uraian rinci, dan auditing untuk kriteria kepastian. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa MAN 2 Cirebon yang beralamatkan di Jl. Desa Babakan kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon. 1) perencanaan manajemen rekrutmen peserta didik program kelas unggulan. Merupakan peranan sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan.,adapun proses perencanannya diantaranya: analisis kebutuhan, pengorganisasian, sasaran peserta didik, waktu pendaftaran,seleksi, registrasi , tempat seleksi , rapat peserta didik yang diterima 2) pelaksanaan meliputi : kebijakan penerimaan peserta didik, prosedur penerimaan peserta didik, kriteria peserta didik, dan sistem penerimaan peserta didik. 3) pengawasan manajemen rekrutmen peserta didik ,4)hasil rekrutmen peserta didik tercapai sesuai target yaitu 64 peserta didik atau 2 kelas program kelas unggulan program studi MIPA ,dari jumlah 230 peserta didik yang mendaftar 5)faktor penunjang dan penghambat yakni faktor penunjang adalah tenaga administrasi yang memadai, memiliki tim khusus seleksi program kelas unggulan, fasilitas dan sarana layanan yang memadai dan berada di 50 pondok pesantren. Adapun faktor penghambatnya adalah tidak adanya tata tertib peserta ujian test seleksi, perlunya perpanjangan waktu registrasi ulang, tidak adanya buku khusus penerimaan pendaftaran, biaya pendidikan cukup tinggi, dan keterbatasan beberapa pondok pesantren yang tidak menerima peserta didik program kelas unggulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: manajemen; rekrutmen;peserta didik;kelas unggulan
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Abdul Halim Prayoga
Date Deposited: 30 May 2018 06:57
Last Modified: 30 May 2018 06:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/9864

Actions (login required)

View Item View Item