Nareswara, Reyza Putra (2024) Rancang bangun kendali kecepatan Motor Brushless Direct Curent (BLDC) menggunakan metode PID pada mobil listrik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (117kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (806kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
||
Text (BAB VI)
9_BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
Abstract
Mobil listrik dikembangkan sebagai upaya untuk melepaskan ketergantungan terhadap bahan bakar minyak yang jumlahnya terbatas. Sistem penggerak utama mobil listrik umumnya menggunakan motor listrik. Motor BLDC merupakan salah satu jenis motor yang banyak digunakan sebagai penggerak mobil listrik. Mobil listrik yang menjadi objek penelitian ini memiliki permasalahan yaitu rise time dan settling time yang cukup lama serta memiliki overshoot. Penggunaan metode Proportional Integral Derivative (PID) dalam sistem kendali kecepatan motor BLDC dapat mempercepat rise time dan settling time dengan overshoot yang minim sesuai setpoint yang ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun sistem kendali kecepatan motor BLDC berbasis kendali PID pada mobil listrik serta menganalisis kinerjanya. Parameter kendali PID yang ditentukan dengan metode penalaan Ziegler-Nichols tipe kurva reaksi memiliki nilai KP = 0.85, KI = 1.06, dan KD = 0.17. Parameter PID tersebut diperbesar hingga lima kali lipat untuk lebih mempercepat rise time sehingga bernilai KP = 4.25, KI = 5.3, dan KD = 0.85. Hasil penelitian menunjukkan pada daerah setpoint 900 RPM, kendali PID mampu mempercepat rise time sebesar 0.6s dan settling time sebesar 0.7s, meskipun overshoot meningkat 2.8% dibandingkan sistem tanpa kendali. Sedangkan pada daerah setpoint 1800 RPM, sistem menggunakan kendali PID mampu mempercepat rise time sebesar 1s dan settling time sebesar 0.28s, meskipun overshoot meningkat sebesar 4.15% dibandingkan sistem tanpa kendali.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brushless Direct Current (BLDC); kendali kecepatan; PID; Ziegler-Nichols |
Subjects: | Engineering Applied Physics > Electric and Related Motors Other Branches of Engineering > Automatic Control Engineering |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro |
Depositing User: | Reyza Putra Nareswara |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 03:20 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 03:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98693 |
Actions (login required)
View Item |