Rancang bangun kendali kecepatan Motor Brushless Direct Curent (BLDC) menggunakan metode PID pada mobil listrik

Nareswara, Reyza Putra (2024) Rancang bangun kendali kecepatan Motor Brushless Direct Curent (BLDC) menggunakan metode PID pada mobil listrik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text (BAB VI)
9_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)

Abstract

Mobil listrik dikembangkan sebagai upaya untuk melepaskan ketergantungan terhadap bahan bakar minyak yang jumlahnya terbatas. Sistem penggerak utama mobil listrik umumnya menggunakan motor listrik. Motor BLDC merupakan salah satu jenis motor yang banyak digunakan sebagai penggerak mobil listrik. Mobil listrik yang menjadi objek penelitian ini memiliki permasalahan yaitu rise time dan settling time yang cukup lama serta memiliki overshoot. Penggunaan metode Proportional Integral Derivative (PID) dalam sistem kendali kecepatan motor BLDC dapat mempercepat rise time dan settling time dengan overshoot yang minim sesuai setpoint yang ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun sistem kendali kecepatan motor BLDC berbasis kendali PID pada mobil listrik serta menganalisis kinerjanya. Parameter kendali PID yang ditentukan dengan metode penalaan Ziegler-Nichols tipe kurva reaksi memiliki nilai KP = 0.85, KI = 1.06, dan KD = 0.17. Parameter PID tersebut diperbesar hingga lima kali lipat untuk lebih mempercepat rise time sehingga bernilai KP = 4.25, KI = 5.3, dan KD = 0.85. Hasil penelitian menunjukkan pada daerah setpoint 900 RPM, kendali PID mampu mempercepat rise time sebesar 0.6s dan settling time sebesar 0.7s, meskipun overshoot meningkat 2.8% dibandingkan sistem tanpa kendali. Sedangkan pada daerah setpoint 1800 RPM, sistem menggunakan kendali PID mampu mempercepat rise time sebesar 1s dan settling time sebesar 0.28s, meskipun overshoot meningkat sebesar 4.15% dibandingkan sistem tanpa kendali.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Brushless Direct Current (BLDC); kendali kecepatan; PID; Ziegler-Nichols
Subjects: Engineering
Applied Physics > Electric and Related Motors
Other Branches of Engineering > Automatic Control Engineering
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro
Depositing User: Reyza Putra Nareswara
Date Deposited: 18 Sep 2024 03:20
Last Modified: 18 Sep 2024 03:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98693

Actions (login required)

View Item View Item