Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ciparay Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung: Studi banding antara siswa yang mencari nafkah dengan siswa yang tidak mencari nafkah

Kustiawan, Deni (2009) Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ciparay Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung: Studi banding antara siswa yang mencari nafkah dengan siswa yang tidak mencari nafkah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) Negeri 3 Ciparay Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung merupakan suatu lembaga formal yang berada dibawah naungan Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) kantor Wilayah Propinsi Jawa Barat. Siswa dan siswi pada sekolah tersebut mempunyai aktivitas yang beragam dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya terdapat siswa yang mencari nafkah dan terdapat pula siswa yang tidak mencari nafkah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membandingkan mengenai keadaan prestasi belajar mata pelaaran Pendidikan Agama Islam (PAI) antara siswa yang mencari nafkah dan siswa yang tidak mencari nafkah. Prestasi belajar siswa terbentuk dari aktivitas belajarnya, sedangkan aktivitas belajar itu dipengaruhi oleh berbagai macam faktor baik yang bersifat internal (dalam diri siswa), faktor eksternal (luar diri siswa), maupun faktor pendekatan belajar, serta keadaan siswa yang mencari nafkah merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertolak dari dasar pemikiran dari keadaan dan aktivitas siswa sehari-hari yang dapat mempengaruhi terhadap prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, siswa harus dapat membagi waktunya sebaik mungkin serta harus berperilaku disiplin yang berfungsi untuk mengontrol tingkah laku siswa yang dikehendaki agar tugas-tugas disekolah dapat berjalan dengan optimal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yaitu penelitian yang tertuju pada pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang. Karena penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) antara siswa yang mencari nafkah dengan siswa yang tidak mencari nafkah, maka cara pengolahan datanya terlebih dahulu memisahkan skor masing-masing kelompok siswa yang mencari nafkah dengan siswa yang tidak mencari nafkah. Dari perolehan data kedua variabel (siswa yang mencari nafkah dengan siswa yang tidak mencari nafkah) diperoleh nilai t hitung = 0,42 dan t daftar = 2,36 hal ini berarti t hitung < t daftar. Dengan demikian, hipotesis nol (Ho) yang diajukan diterima, yaitu tidak dapat perbedaan prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) antara siswa yang mencari nafkah dengan siswa yang tidak mencari nafkah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Ekonomi; Komunikasi
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PKL1 Uninus
Date Deposited: 26 Sep 2024 01:41
Last Modified: 26 Sep 2024 01:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98750

Actions (login required)

View Item View Item