Retorika presiden Joko Widodo: Analisis retorika pidato sambutan Jokowi di Surabaya dalam apel hari santri nasional 2023 pada kanal Youtube Sekretariat Presiden

Muhajir, Ahmad (2024) Retorika presiden Joko Widodo: Analisis retorika pidato sambutan Jokowi di Surabaya dalam apel hari santri nasional 2023 pada kanal Youtube Sekretariat Presiden. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)

Abstract

Hari santri nasional merupakan salah satu momentum yang diresmikan oleh Presiden sebagai bentuk penghargaan atas perjuangan santri, ulama dan pesantren dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Dilandaskan pada resolusi jihad yang digaungkan oleh K.H. Hasyim Asy’ari pada 22 oktober 1945 maka pada setiap tanggal yang sama sejak tahun 2015 ditetapkan sebagai hari santri nasional (HSN). Pada momentum itu pula disampaikan pidato kenegaraan berupa sambutan dari Presiden Jokowi. Pidato sambutan yang disampaikan oleh tokoh negara menjadi menarik untuk dikaji secara retoris mengingat pentingnya peran pemimpin negara dalam setiap penyampaian pesannya. Maka pidato sambutan Presiden Joko dalam peringatan Hari Santri Nasional 2023 dapat dikaji melalui pandangan retorika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui organisasi pesan pidato yang disampaikan Jokowi dalam sambutan Hari Santri Nasional 2023 berdasarkan pada elemen retorika yang terorganisir yaitu: pengantar (poem), uraian materi (diegesis), argumentasi (agon), penjelasan tambahan (diregsio), dan simpulan (peroratio). Peneltian ini dilandaskan pada teori retorika Corax yang menyebut bahwa pidato yang baik ialah pidato yang teroganisir sebagaimana tertuang pada tujuan penelitian yang dimaksud. Adapun paradigma yang digunakan adalah konstruktivisme, dengan pendekatan interprretif dan metode analisis isi sehingga penelitian ini berjenis kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi terhadap tayangan sembilan tayangan video pidato Hari Santri dengan Teknik analisis data mencangkup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, validasi data, analisis data dan penarikan Kesimpulan kemudian melakukan Teknik keabsahan data. Hasil peneltian dan pembahasan menyimpulkan bahwa pidato Presiden Jokowi dalam apel Hari Santri Nasional 2023 disusun secara terstruktur, dimulai dengan salam, muqoddimah, dan sapaan audiens, sesuai dengan retorika Corax yang menekankan pentingnya pengantar untuk menarik perhatian. Dengan diksi sederhana, Jokowi berhasil menyampaikan pesan secara jelas dan terorganisir, didukung oleh pengalaman pribadi yang membuatnya lebih relatable. Dalam argumentasi, ia menggunakan data konkret tentang jumlah pondok pesantren di Indonesia, memperkuat klaim pentingnya pesantren dalam pembangunan nasional. Jokowi juga menyertakan fakta historis tentang lahirnya Hari Santri, seruan jihad 1945, dan kewajiban membela tanah air. Pidato diakhiri dengan kesimpulan tentang peran santri menghadapi tantangan ekonomi dan teknologi, ditutup dengan interaksi yang memberikan kesan positif bagi audiens.. Adapun dalam konteks pesan yang diangkat mengarah pada ungkapan yang bersifat multitafsir khususnya pada pandangan kekuasaan dan kontrol sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: retorika presiden; hari santri; kanal youtube
Subjects: Islam > Da'wah
Rhetoricand Collections of Literary
Rhetoricand Collections of Literary > Figures of Speech
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ahmad Muhajir
Date Deposited: 19 Sep 2024 02:19
Last Modified: 19 Sep 2024 02:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98768

Actions (login required)

View Item View Item