Desain E-LKPD berbantuan simulasi Phet menggunakan pendekatan Flipped Laboratory untuk meningkatkan keterampilan komunikasi sains materi sistem saraf

Lestari, Lestari (2024) Desain E-LKPD berbantuan simulasi Phet menggunakan pendekatan Flipped Laboratory untuk meningkatkan keterampilan komunikasi sains materi sistem saraf. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)

Abstract

Keterampilan komunikasi merupakan salah satu keterampilan abad 21. Komunikasi spesifik pada pembelajaran Biologi, di antaranya komunikasi sains. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan karakteristik media pembelajaran, menganalisis peningkatan keterampilan komunikasi sains peserta didik dan menganalisis kendala E-LKPD berbentu simulasi PhET menggunakan Flipped Laboratory. Metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model 3D (Define, Design, dan Development). Hasil penelitian menunjukkan karakteristik E-LKPD berbantu simulasi PhET menggunakan pendekatan Flipped Laboratory, yaitu adanya simulasi, pembelajaran pra-kelas, dan penerapan teknologi dalam proses pembelajaran. Penggunaan E-LKPD mampu meningkatkan keterampilan komunikasi sains dengan n-gain rata-rata kelas eksperimen sebesar 0,56 kriteria sedang dan kelas kontrol hanya mencapai 0,19 kriteria rendah. Indikator mengubah sajian grafik memiliki skor n-gain terendah. Indikator mendiskusikan hasil kegiatan suatu masalah atau peristiwa memiliki skor n-gain tertinggi. Kendala dalam penggunaan E-LKPD diantaranya kesulitan mengakses E-LKPD saat pembelajaran pra-kelas dan kurangnya familiaritas dengan media simulasi. Mengatasi kendala penggunaan E-LKPD berbentu simulasi PhET menggunakan Flipped Laboratory diantaranya memberikan pelatihan, panduan teknis, dan menerapkan pembelajaran bertahap

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD; komunikasi sains; flipped laboratory; simulasi PhET; sistem saraf
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Human Anatomy, Cytology, Histology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Lestari Lestari
Date Deposited: 19 Sep 2024 02:20
Last Modified: 19 Sep 2024 02:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98834

Actions (login required)

View Item View Item