Hubungan antara aktivitas bermain balok berwarna dengan kemampuan konsentrasi anak usia dini : Penelitian kuantitatif di kelompok B RA Al-Ihsan Karawang

Putri, Nuramaliah Elyanti (2024) Hubungan antara aktivitas bermain balok berwarna dengan kemampuan konsentrasi anak usia dini : Penelitian kuantitatif di kelompok B RA Al-Ihsan Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
FIXS COVER.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan, diperoleh informasi bahwa ada kesenjangan antara tingginya aktivitas bermain balok berwarna anak dengan kemampuan konsentrasi anak pada Kelompok B RA Al-Ihsan Karawang. Aktivitas bermain balok berwarna yang tinggi ditandai dengan anak yang antusias saat bermain balok berwarna, tercermin dari ekspresi wajahnya yang riang. Di sisi lain, saat anak melakukan kegiatan anak mudah mengalihkan perhatiannya pada kegiatan yang lain, saat guru memberikan pertanyaan mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan pada hari ini, anak tidak mampu menjawab karena tidak mengingat kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Aktivitas bermain balok berwarna di Kelompok B RA Al-Ihsan Karawang; 2) Kemampuan konsentrasi anak usia dini di Kelompok B RA Al-Ihsan Karawang; 3) Hubungan antara aktivitas bermain balok berwarna dengan kemampuan konsentrasi anak usia dini di Kelompok B RA Al-Ihsan. Kemampuan konsentrasi anak dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya aktivitas bermain balok berwarna. Balok berwarna merupakan aktivitas permainan kontruksi, anak dapat mengeluarkan berbagai ide yang ada dalam benak anak untuk membangun berbagai bangunan. Berdasarkan asumsi tersebut dapat dirumuskan hipotesisnya, jika t_hitung > t_tabel maka hipotesis alternatif H_a diterima dan hipotesis nol H_o ditolak, artinya terdapat hubungan signifikan antara aktivitas bermain balok berwarna dengan kemampuan konsentrasi anak usia dini di Kelompok B RA Al-Ihsan Karawang. Jika t_(hitung )< t_tabel maka hipotesis nol H_(o )diterima dan hipotesis alternatif H_a ditolak, artinya tidak terdapat hubungan signifikan antara aktivitas bermain balok berwarna dengan kemampuan konsentrasi anak usia dini di Kelompok B RA Al-Ihsan Karawang. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok B RA Al-Ihsan Karawang yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu seluruh anak Kelompok B RA Al-Ihsan Karawang ditetapkan menjadi responden penelitian. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara atau bercakap-cakap, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa aktivitas bermain balok berwarna termasuk pada kategori sangat baik dengan nilai 89 yang berada pada interval 80 – 90 dan kemampuan konsentrasi anak termasuk pada kategori baik dengan nilai 77 yang berada pada interval 70-79 dan kedua variabel menunjukkan adanya hubungan, dengan angka koefisien korelasi 0,37. Angka koefisien korelasi tersebut berada pada interval 0,200 – 0,399. Sedangkan kontribusi aktivitas bermain balok berwarna terhadap kemampuan konsentrasi anak usia dini sebesar 8%. Artinya masih ada 92% faktor lain yang mempengaruhi kemampuan konsentrasi anak di Kelompok B RA Al-Ihsan Karawang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: metode kuantitatif; hubungan; kemampuan; konsentrasi; aktivitas; balok; anak usia dini
Subjects: Differential and Developmental Psychology
Differential and Developmental Psychology > Child Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nuramaliah Elyanti Putri
Date Deposited: 20 Sep 2024 03:13
Last Modified: 20 Sep 2024 03:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98913

Actions (login required)

View Item View Item