Faradilla, Fitri (2024) Konsep pendidikan akhlak versi ibnu miskawaih dan implementasinya di MA Alfalah Gunung Sindur Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (614kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (690kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (804kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) | Request a copy |
Abstract
Akhlak merupakan suatu keadaan di dalam jiwa seseorang, yang bersifat alternatif (baik atau buruk) sesuai dengan pengaruh pendidikan yang diberikan kepadanya. Ibnu Miskawaih berpandangan bahwa akal manusia mempunyai peranan penting untuk menjadikan manusia pada posisi yang lebih mulia. Berdasarkan daya pikir tersebut manusia dapat membedakan antara yang benar dan yang salah, yang baik dan yang buruk. Oleh karena itu, Islam menekankan akhlak yang baik dan mengajarkan orang muslim untuk senantiasa membina akhlak serta menanamkannya di dalam jiwa mereka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Konsep Pendidikan Akhlak Versi Ibnu Miskawaih (2) Pola Pendidikan Akhlak di MA Alfalah Gunung Sindur Kabupaten Bogor (3) Implementasi Pendidikan Akhlak Versi Ibnu Miskawaih di MA Alfalah Gunung Sindur Kabupaten Bogor. Penelitian dalam skripsi ini mengacu pada konsep pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih dan implementasinya di MA Alfalah Gunung sindur. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan studi pustaka (library research) yang menghasilkan data deskriptif yang berbentuk tulisan, yaitu penelitian yang menggambarkan sifat-sifat atau karakteristik individu, keadaan, gejala, atau kelompok tertentu. Dengan menganalisis isi dan mendeskripsikannya dari objek yang diteliti melalui sumber- sumber yang terkait dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini menggunakaan metode penelitian kualitatif yang bersifat kualitatif deskriptif, dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan atau menjelaskan sesuatu hal seperti apa adanya, sehingga memberi gambaran yang jelas tentang situasi di lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Ibnu miskawaih memberikan pengertian khuluq sebagai keadaan jiwa yang mendorong seseorang untuk melakukan perbuatan-perbuatan tanpa melalui pemikiran dan pertimbangan. Ibnu Miskawaih berpendapat bahwa pendidikan akhlak merupakan pendidikan yang difokuskan untuk mengarahkan tingkah laku manusia agar menjadi baik (2) Pola pendidikan Akhlak di MA Alfalah Gunung Sindur Kabupaten Bogor yaitu dengan cara menanamkan akhlak yang mulia dalam mempelajari materi akhlak dalam pembelajaran di kelas serta menanamkan rasa disiplin dan tanggung jawab (3) Implementasinya di sekolah bahwa baik tujuan, materi dan metode yang dikemukakan oleh Ibnu Miskawaih ada keterkaitan dengan pendidikan Islam sekarang dan masih digunakan dalam pembelajaran dilembaga-lembaga pendidikan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Pendidikan Akhlak; Ibnu Miskawaih; Implementasi Pendidikan Akhlak |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fitri Faradilla |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 03:00 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 03:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98926 |
Actions (login required)
View Item |