Kontribusi koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan di pondok Pesantren Baiturrahman Ciparay kabupaten Bandung

Fathissalam, Muhammad Rabbani (2024) Kontribusi koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan di pondok Pesantren Baiturrahman Ciparay kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (20).pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy

Abstract

Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam, memiliki peran penting dalam pembentukan karakter dan pengembangan kapasitas generasi bangsa. Salah satu bentuk pemberdayaan pesantren adalah melalui koperasi pondok pesantren, yang juga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar. Pesantren Baiturrahman di Ciparay, Jawa Barat, memiliki koperasi yang berdiri sejak 1994 dan telah berkembang dengan berbagai unit usaha. Meski menghadapi tantangan ketidakseimbangan jumlah SDM dengan kebutuhan santri yang terus bertambah, hingga tahun 2024 koperasi telah memiliki 99 anggota aktif. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis kontribusi koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan di pondok pesantren Baiturrahman. Teori yang digunakan adalah teori kesejahteraan yang dikemukakan oleh Imam Al-Ghazali yang mejelaskan bahwa hakikat dari kesejahteraan itu adalah cerminan martabat manusia melalui lima aspek utama yaitu: Agama (din), Jiwa (nafs), Akal (aql), Keturunan (nasl), Harta (maal). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, jenis data yang digunakan peneliti adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini adalah koperasi Baiturrahman yang berdiri di pondok pesantren Baiturrahman, kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, telah berkontribusi yang signifikan dalam pemberdayaan koperasi melalui berbagai program yang melibatkan anggotanya. Keterlibatan anggota dalam kegiatan koperasi seperti layanan simpan pinjam, pembiayaan mikro, dan pemenuhan kebutuhan dasar anggota menunjukkan peningkatan pendapatan rata-rata anggota sebesar 8.90% dari tahun 2021 ke 2022, meskipun terjadi perlambatan pertumbuhan menjadi 0.11% dari 2022 ke 2023. Koperasi Baiturrahman menghadapi kendala seperti keterbatasan modal dan persaingan eksternal, koperasi terbukti efektif dalam meningkatkan kesejahteraan anggota secara holistik, mencakup aspek ekonomi dan sosial. Temuan ini menegaskan pentingnya model koperasi dalam konteks lembaga pendidikan berbasis pesantren dan dapat menjadi acuan bagi institusi serupa dalam upaya peningkatan kesejahteraan komunitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Koperasi pesantren; kesejahteraan; pendidik; tenaga kependidikan; Pondok Pesantren Baiturrahman
Subjects: Cooperative > Cooperative of Indonesia
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Household Management and Personal Life > General Publications of Home Economic
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: MUHAMMAD RABBANI FATHISSALAM
Date Deposited: 20 Sep 2024 08:00
Last Modified: 23 Sep 2024 10:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98958

Actions (login required)

View Item View Item