Ventriana, Putri (2024) Hubungan intensitas kegiatan pramuka dengan hasil belajar pendidikan Pancasila: Penelitian kuantitatif di SDN Jatiendah Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (cover)
1_Cover.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (428kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (775kB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karna penulis tertarik dan didasari pada hasil pengamatan Di SDN Jatiendah. Pramuka merupakan salah satu muatan lokal yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik. Tidak seluruh peserta didik di SDN Jatiendah memiliki tingkat antusias yang tinggi terhadap kegiatan pramuka, rata-rata para peserta didik mengikuti kegiatan pramuka hanya sebagai kegiatan wajib di sekolah. Tetapi tidak dipungkiri terdapat peserta didik yang antusias dan intensitas terhadap kegiatan pramuka. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui intensitas peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka. (2) untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila peserta didik kelas IV SDN Jatiendah Kab. Bandung. (3) untuk mengetahui hubungan positif dan signifikan antara intensitas kegiatan pramuka dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada peserta didik kelas IV SDN Jatiendah Kab. Bandung. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisa data bersifat kuantitatif atau statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan. (1) Variabel Intensitas Mengikuti Kegiatan Pramuka diperoleh nilai dengan rata-rata skor 65,67 atau berada pada interval 65-80 yang berarti bahwa tergolong “Sangat Baik” Mengikuti Kegiatan Pramuka, 2). Variabel Hasil Belajar Pelajaran Pendidikan Pancasila pada Peserta Didik Kelas IV SDN Jatiendah Kab. Bandung sebesar 71,14 atau berada pada interval 55 - 72,5 yang berarti bahwa tergolong “Baik”, 3). Terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara Intensitas Mengikuti Kegiatan Pramuka dengan Hasil Belajar Pelajaran Pendidikan Pancasila Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Jatiendah Kab. Bandung dengan nilai hasil analisis signifikansi 0.014 (α < 0,05) dan dengan nilai uji korelasi sebesar 0.412 yang berarti bahwa korelasi pada taraf korelasi antara 0,400 - 0,599 yang berarti mempunyai tingkat korelasi yang sedang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Intensitas Kegiatan Pramuka; Hasil Belajar Pendidikan Pancasila |
Subjects: | Education Elementary Education > Elementary School |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Putri Ventriana |
Date Deposited: | 21 Sep 2024 04:37 |
Last Modified: | 21 Sep 2024 04:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99042 |
Actions (login required)
View Item |