Hubungan intensitas kegiatan pramuka dengan hasil belajar pendidikan Pancasila: Penelitian kuantitatif di SDN Jatiendah Kab. Bandung

Ventriana, Putri (2024) Hubungan intensitas kegiatan pramuka dengan hasil belajar pendidikan Pancasila: Penelitian kuantitatif di SDN Jatiendah Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (cover)
1_Cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (428kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karna penulis tertarik dan didasari pada hasil pengamatan Di SDN Jatiendah. Pramuka merupakan salah satu muatan lokal yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik. Tidak seluruh peserta didik di SDN Jatiendah memiliki tingkat antusias yang tinggi terhadap kegiatan pramuka, rata-rata para peserta didik mengikuti kegiatan pramuka hanya sebagai kegiatan wajib di sekolah. Tetapi tidak dipungkiri terdapat peserta didik yang antusias dan intensitas terhadap kegiatan pramuka. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui intensitas peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka. (2) untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila peserta didik kelas IV SDN Jatiendah Kab. Bandung. (3) untuk mengetahui hubungan positif dan signifikan antara intensitas kegiatan pramuka dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada peserta didik kelas IV SDN Jatiendah Kab. Bandung. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisa data bersifat kuantitatif atau statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan. (1) Variabel Intensitas Mengikuti Kegiatan Pramuka diperoleh nilai dengan rata-rata skor 65,67 atau berada pada interval 65-80 yang berarti bahwa tergolong “Sangat Baik” Mengikuti Kegiatan Pramuka, 2). Variabel Hasil Belajar Pelajaran Pendidikan Pancasila pada Peserta Didik Kelas IV SDN Jatiendah Kab. Bandung sebesar 71,14 atau berada pada interval 55 - 72,5 yang berarti bahwa tergolong “Baik”, 3). Terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara Intensitas Mengikuti Kegiatan Pramuka dengan Hasil Belajar Pelajaran Pendidikan Pancasila Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Jatiendah Kab. Bandung dengan nilai hasil analisis signifikansi 0.014 (α < 0,05) dan dengan nilai uji korelasi sebesar 0.412 yang berarti bahwa korelasi pada taraf korelasi antara 0,400 - 0,599 yang berarti mempunyai tingkat korelasi yang sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Intensitas Kegiatan Pramuka; Hasil Belajar Pendidikan Pancasila
Subjects: Education
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Putri Ventriana
Date Deposited: 21 Sep 2024 04:37
Last Modified: 21 Sep 2024 04:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99042

Actions (login required)

View Item View Item