Widiawati, Wida (2024) Hubungan raja' terhadap Self-esteem siswa terisolir kelas 10 di MAN 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UINSunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover .pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
Bab I.pdf Download (463kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
||
Text (BAB III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) |
||
Text (BAB IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
||
Text (BAB V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Download (187kB) | Preview |
Abstract
Gangguan dalam bidang akademik merupakan salah satu dampak dari keterisolasian pada siswa . Siswa terisolir akan mengalami gangguan psikologis, kesulitan dalam penyesuaian diri di lingkungan sosial serta terkendala pada prestasi akademik yang diraih. Self-esteem merupakan persepsi seseorang dalam memandang dirinya sendiri, self-esteem yang tinggi mendorong seseorang merasa mampu meraih tujuan yang ingin dicapainya. Peningkatan self-esteem ini menjadi langkah dalam penanganan siswa terisolir. Sedangkan raja’ merupakan konsep ibadah batin dalam islam yang terimplementasi dengan sebuah harapan akan sesuatu yang diidamkannya disertai dengan usaha untuk meraihnya. Seseorang yang menginternalisasi raja’ akan memiliki kepercayaan diri dan senantiasa melakukan usaha untuk meraih tujuannya, kepercayaan diri dan usaha tersebut merupakan implementasi dari faktor peningkatan self-esteem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan raja’ dengan self-esteem pada siswa terisolir. Sampel pada penelitian ini berjumlah 11 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi (pearson product moment) dan regresi linear sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui Google Form. Teknik analisis data menggunakan uji istrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi (uji normalitas dan uji linearitas), uji deskriptif, uji korelasi, dan uji regresi menggunakan software IBM SPSS 26. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) pada raja,’ terdapat tiga siswa terisolir (27,27%) kategori sedang dan delapan siswa terisolir (72,72%) berada pada kategori tinggi. 2) pada self-esteem, terdapat lima siswa terisolir (45,45%) berada pada kategori sedang dan enam siswa terisolir (54,54%) berada pada kategori tinggi. 3) Pada uji korelasi pearson product moment diperoleh nilai Sig.(2-tailed) adalah 0,033 < 0,05 dan nilai pearson correlation sebesar 0,642, adapun hasil regresi linear sederhana diperoleh R square sebesar 0,412. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel raja’ (X) dengan variabel self-esteem (Y) memiliki korelasi dengan hubungan kuat dan positif. Kedua variabel memiliki hubungan yang berarti semakin tinggi tingkat raja’ siswa terisolir, maka semakin tinggi pula tinggi self-esteem siswa terisolir, begitupun sebaliknya. Sedangkan besaran pengaruh raja’ terhadap self-esteem adalah sebesar 41,2% dan 58,8% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Raja'; Self-esteem; siswa terisolir |
Subjects: | Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty Islam Islam > Sufi Orders Education > Psychology of Education |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | Wida Widiawati |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 07:16 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 07:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99117 |
Actions (login required)
View Item |