Penerapan Blended Learning berbasis e-Learning Google Classroom untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran fisika materi usaha dan energi

Zahrotunisa, Sarah Azizah (2024) Penerapan Blended Learning berbasis e-Learning Google Classroom untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran fisika materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran Blended Learning berbasis E-Learning Google Classroom untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran fisika materi usaha dan energi, peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik, dan respon peserta didik terhadap diterapkannya pembelajaran Blended Learning berbasis E-learning Google Classroom. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group desain. Penelitian ini dilaksanakan di SMA IT Ciloa Limbangan dengan populasi kelas X MIPA yang terdiri dari dua kelas yaitu X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol keduanya berjumlah 34 orang. Hasil penelitian (1) rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model blended learning berbasis e-learning google classroom sebesar 77,7% dengan kategori efektif dan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning sebesar 74,2% dengan kategori efektif. (2) peningkatan keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen memiliki nilai N-gain 0,61% dengan kategori sedang dan kelas kontrol memiliki nilai 0,58 dengan kategori sedang. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan nilai diperoleh nilai t_hitung (7,482) ≥t_tabel (1,997). Maka H0 ditolak dan Ha diterima dalam hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis antara yang belajar menggunakan model Blended Learning berbasis E-learning Google Classroom pada materi usaha dan energi. (3) angket respon peserta didik diperoleh nilai rata-rata 69,1% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis; Blended learning; google classroom; usaha dan energi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Applied Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Zahrotunisa Sarah Azizah
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:25
Last Modified: 24 Sep 2024 02:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99217

Actions (login required)

View Item View Item