Strategi pengembangan kelembagaan Ppsantren dalam meningkatkan kedisiplinan santri

Khoiriyah, Nur Indah (2018) Strategi pengembangan kelembagaan Ppsantren dalam meningkatkan kedisiplinan santri. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu masalah yang muncul dalam pembelajaran di pesantren yang menanamkan aspek moral yang sesuai ialah tentang kedisiplinan. Pendidikan merupakan salah satu aspek dalam pembentukan kedisiplinan dalam jiwa masyarakat yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajiban untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, berkarakter, yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Penelitian ini menggunakan teori kedisiplinan menurut Karl. S. Benhart adalah proses melatih pikiran dan karakter anak secara bertahap sehingga menjadi seseorang yang memiliki kontrol diri dan berguna bagi masyarakat. Disiplin adalah kontrol, lebih penting lagi adalah prinsip bahwa disiplin adalah latihan untuk kontrol terhadap diri sendiri (self control). Dalam UU No. 20 Tahun 2003 Sisdiknas Pasal 1 ayat 1 dikatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Metode yang digunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: pertama, unsur pengembangan kelembagaan Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Al-Islami; kedua, mengetahui bentuk masalah kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Al-Islami; ketiga, untuk mengetahui dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Al-Islami. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam meningkatkan kedisiplinan ialah dengan menegakkan peraturan; memberikan teguran, peringatan dan hukuman; memberikan hadiah; membina melalui pendekatan moril atau pemberian nasehat; memberi contoh. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam meningkatkan kedisiplinan tentu diperlukan adanya unsur atau strategi. Dan masalah kedisiplinan yang ada di Pondok Pesantren Universal cukup banyak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pesantren, Meningkatkan Kedisiplinan Santri
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: article Nur indah khoiriyah
Date Deposited: 31 May 2018 03:11
Last Modified: 31 May 2018 03:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/9929

Actions (login required)

View Item View Item