Sauri, Supyan (2024) Hasil belajar kognitif siswa pada isi kandungan Q.S Al-Fajr: 15-18, Q.S Al-Baqarah: 254, dan Q.S Al-Baqarah: 261 hubungannya dengan sifat kedermawanan mereka di sekolah: penelitian korelasional di kelas VIII MTs Ar-Rosyidiyah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (463kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan, siswa kelas VIII MTs Ar-Rosyidiyah Kota Bandung diajarkan mengenai materi Isi Kandungan Q.S Al-Fajr 15-18, Q.S Al-Baqarah 254, dan 261. Materinya mengenai Infaq dan sedekah. Kemudian dalam observasi peneliti melihat MTs Ar-Rosyidiyah memiliki kegiatan sosial yang baik,diantaranya jum’at berkah. Hal ini membuat peneliti ingin mencari tahu adakah hubungan antara keduanya. Tujuan penelitian ini ialah untuk: 1) Mengetahui realitas hasil belajar kognitif siswa pada Isi Kandungan Q.S Al-Fajr 15-18, Q.S Al-Baqarah 254, dan 261. 2) Mengetahui realitas sifat dermawan siswa kelas 8 MTs Ar-Rosyidiyah. 3) Mengetahui hubungan hasil belajar kognitif siswa pada Isi Kandungan Q.S Al-Fajr 15-18, Q.S Al-Baqarah 254, dan 261 dengan sifat dermawan mereka di sekolah. Penelitian ini didasari oleh teori bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi tentang perilaku sikap ialah dengan hasil belajar kognitif siswa pada isi kandungan Q.S Al-Fajr 15-18, Q.S Al-Baqarah 254, dan 261. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui hubungan antara Isi kandungan Q.S Al-Fajr 15-18, Q.S Al-Baqarah 254, dan 261 dengan sifat kedermawanan mereka di sekolah . Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan ialah korelasi. Alat pengumpul data dalam penelitian ini: angket, tes dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Realitas hasil belajar kognitif siswa pada isi kandungan Q.S Al-Fajr 15-18, Q.S Al-Baqarah 254 berada pada kategori sangat tinggi dengan skor berada pada 84,16 yang mana skor termasuk pada interval 80 – 100. 2) Realitas sifat kedermawanan siswa termasuk dalam termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan perhitungan angket dengan skor rata-rata sebesar 3,62 yang mana skor ini berada pada kategori baik, karena termasuk pada interval 3,40 – 4,19. 3) Realitas hubungan antara hasil belajar kognitif siswa pada isi kandungan Q.S Al-Fajr 15-18, Q.S Al-Baqarah 254 dengan sifat kedermawanan mereka di sekolah berada kategori sangat rendah. Berdasarkan koefisien korelasi sebesar 0,08 yang berada pada interval 0,00 – 0,199 berarti dikategorikan ke dalam korelasi sangat rendah.Adapun tingkat pengaruh sebesar 6%. Hal ini bahwa pengaruh hasil belajar kognitif siswa pada isi kandungan Q.S Al-Fajr: 15-18, Q.S. Al-Baqarah: 254 dan 261 terhadap sifat kedermawanan siswa di sekolah sebesar 6% dan sisanya 94% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar; Ayat Al-quran; Kedemawanan |
Subjects: | Islam > Islamic Ethics, Practice Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Supyan Sauri |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 02:08 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 02:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99290 |
Actions (login required)
View Item |