Hasil belajar kognitif siswa pada isi kandungan Q.S Al-Fajr: 15-18, Q.S Al-Baqarah: 254, dan Q.S Al-Baqarah: 261 hubungannya dengan sifat kedermawanan mereka di sekolah: penelitian korelasional di kelas VIII MTs Ar-Rosyidiyah Kota Bandung

Sauri, Supyan (2024) Hasil belajar kognitif siswa pada isi kandungan Q.S Al-Fajr: 15-18, Q.S Al-Baqarah: 254, dan Q.S Al-Baqarah: 261 hubungannya dengan sifat kedermawanan mereka di sekolah: penelitian korelasional di kelas VIII MTs Ar-Rosyidiyah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, siswa kelas VIII MTs Ar-Rosyidiyah Kota Bandung diajarkan mengenai materi Isi Kandungan Q.S Al-Fajr 15-18, Q.S Al-Baqarah 254, dan 261. Materinya mengenai Infaq dan sedekah. Kemudian dalam observasi peneliti melihat MTs Ar-Rosyidiyah memiliki kegiatan sosial yang baik,diantaranya jum’at berkah. Hal ini membuat peneliti ingin mencari tahu adakah hubungan antara keduanya. Tujuan penelitian ini ialah untuk: 1) Mengetahui realitas hasil belajar kognitif siswa pada Isi Kandungan Q.S Al-Fajr 15-18, Q.S Al-Baqarah 254, dan 261. 2) Mengetahui realitas sifat dermawan siswa kelas 8 MTs Ar-Rosyidiyah. 3) Mengetahui hubungan hasil belajar kognitif siswa pada Isi Kandungan Q.S Al-Fajr 15-18, Q.S Al-Baqarah 254, dan 261 dengan sifat dermawan mereka di sekolah. Penelitian ini didasari oleh teori bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi tentang perilaku sikap ialah dengan hasil belajar kognitif siswa pada isi kandungan Q.S Al-Fajr 15-18, Q.S Al-Baqarah 254, dan 261. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui hubungan antara Isi kandungan Q.S Al-Fajr 15-18, Q.S Al-Baqarah 254, dan 261 dengan sifat kedermawanan mereka di sekolah . Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan ialah korelasi. Alat pengumpul data dalam penelitian ini: angket, tes dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Realitas hasil belajar kognitif siswa pada isi kandungan Q.S Al-Fajr 15-18, Q.S Al-Baqarah 254 berada pada kategori sangat tinggi dengan skor berada pada 84,16 yang mana skor termasuk pada interval 80 – 100. 2) Realitas sifat kedermawanan siswa termasuk dalam termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan perhitungan angket dengan skor rata-rata sebesar 3,62 yang mana skor ini berada pada kategori baik, karena termasuk pada interval 3,40 – 4,19. 3) Realitas hubungan antara hasil belajar kognitif siswa pada isi kandungan Q.S Al-Fajr 15-18, Q.S Al-Baqarah 254 dengan sifat kedermawanan mereka di sekolah berada kategori sangat rendah. Berdasarkan koefisien korelasi sebesar 0,08 yang berada pada interval 0,00 – 0,199 berarti dikategorikan ke dalam korelasi sangat rendah.Adapun tingkat pengaruh sebesar 6%. Hal ini bahwa pengaruh hasil belajar kognitif siswa pada isi kandungan Q.S Al-Fajr: 15-18, Q.S. Al-Baqarah: 254 dan 261 terhadap sifat kedermawanan siswa di sekolah sebesar 6% dan sisanya 94% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Ayat Al-quran; Kedemawanan
Subjects: Islam > Islamic Ethics, Practice
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Supyan Sauri
Date Deposited: 25 Sep 2024 02:08
Last Modified: 25 Sep 2024 02:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99290

Actions (login required)

View Item View Item