Faridah, Rifda Nida (2024) Strategi pengembangan pondok pesantren dalam optimalisasi program berbahasa asing santri. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1 (1).pdf Download (283kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (694kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
Abstract
Pondok pesantren Al-Ittihad Cianjur merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan bahasa asing (bahasa Arab dan bahasa Inggris) sebagai bahasa komunikasi sehari-hari. Bahasa asing dapat terlaksana dikarenakan para santri tinggal di pondok pesantren selamadua puluh empat jam dan diawasi oleh ustadzah. Di pondok pesantrenAl-Ittihad terdapat hukuman bagi santri yang melanggar peraturan dan peraturan tersebut sifatnya mendidik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan pondok pesantren dalam optimalisasi program berbahasa asing santri di pondok pesantren Al-Ittihad. Terdapat tiga fokus utama dalam penelitian ini. Pertama, untuk mengetahui strategi pengembangan sarana dan prasarana untuk program berbahasa asing santri. Kedua, untuk mengidentifikasi kebijakan strategi yang diterapkan dan ketiga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pengembangan program berbahasa asing santri. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yang memungkinkan peneliti untuk menggali informasi secara mendalam mengenai implementasi program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarana dan prasarana yang digunakan dalam pengembangan program berbahasa asing meliputi buku muhadatsah, laboratorium bahasa, serta ekstrakurikuler bahasa asing. Selanjutnya, kebijakan strategi pengembangan bahasa asing dilakukan dengan membiasakan santri untuk berlatih dan mempraktekkan bahasa asing dalam komunikasi sehari-hari melalui kegiatan muhadatsah, muhadloroh serta bimbingan bahasa. Adapun faktor pendukung dan penghambat pengembangan berbahasa asing. Faktor pendukung terdapat kerjasama antar semua pihak, komunikasi yang kuatantara pengajar dan siswa dan peran pengajar yang memiliki kompetensiyang baik. Adapun faktor penghambat antara lain keterbatasan fasilitas,variasi kemampuan santri, waktu yang terbatas dan kurangnya eksposurharian.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi; pengembangan; pondok pesantren; bahasa asing; santri |
Subjects: | Arabic Islam Umum Dictionaries of Standard English |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Rifda Nida Faridah Nda |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 04:02 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 04:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99338 |
Actions (login required)
View Item |