Fahlevi, Reza (2024) Penggunaan game online terhadap interaksi sosial remaja : Penelitian di Desa Jatiendah Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (165kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
Abstract
Dampak aktivitas Game Online menjadikan remaja mengalami perubahan terutama dalam segi berinteraksi sosial sehingga dalam hal penelitian ini diharapkan remaja agar tidak kecanduan dalam bermain Game Online dan lebih berinteraksi ke sesama teman. Alasan peneliti melakukan penelitian ini untuk menghindari ketimpangan anak supaya tidak kecanduan Game Online dan agar masih mau berteman dengan yang lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan Game Online di kalangan remaja yang memainkan permainan Game Online di Desa Jatiendah. Kemudian untuk mengetahui faktor aktivitas remaja dalam bermain Game Online di Desa Jatiendah. Selain itu, untuk mengetahui dampak aktivitas bermain Game Online terhadap interaksi sosial remaja di Desa Jatiendah.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan cara pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data di lapangan, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi.Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, Teori dari Emile Durkheim. teori struktur dan fungsi sosial oleh Emile Durkheim dapat membantu menjelaskan bagaimana perubahan interaksi sosial remaja terjadi akibat penggunaan Game Online, baik dalam aspek positif maupun negatif. Perubahan ini dapat dipahami melalui perubahan dalam struktur sosial, fungsi sosial, pembagian kerja sosial, solidaritas sosial, dan keteraturan sosial.Hasil penelitian menunjukan hal-hal sebagai berikut. Penggunaan Game Online rata-rata sudah bermain gadget, terutama remaja laki-laki menggunakannya untuk bermain Game Online jadi rata-rata semua remaja laki laki bermain Game Online. Faktor aktivtas dalam bermain Game Online terhadap interaksi sosial dapat dikategorikan menjadi faktor psikologis, lingkungan, budaya, dan demografis,faktor-faktor ini dapat mempengaruhi remaja untuk terus bermain Game Online dan mengurangi interaksi sosial. Dampak aktivitas Game Online memberikan dampak positif dan negatif pada remaja,perilaku juga sikap yang dirasakan remaja berbeda beda namun yang rata rata memberikan dampak berupa kecanduan atau kebiasaan yang tidak baik dalam ber interaksi sosial.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Online; Remaja; Interaksi Sosial |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Reza Fahlevi |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 06:45 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 06:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99439 |
Actions (login required)
View Item |