Implementasi Problem Based Learning melalui media Educaplay untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem Reproduksi

Nurannisa, Elsha Refina (2024) Implementasi Problem Based Learning melalui media Educaplay untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem Reproduksi. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil belajar siswa yang belum maksimal dikarenakan model pembelajaran yang kurang efektif dengan materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning melalui media Educaplay terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem reproduksi. Metode yang digunakan quasi experimental dengan jenis desain nonequivalent control group, menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan penelitian diperoleh data keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa dengan kategori baik. Peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,80 berkategori tinggi sedangkan perolehan N-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,69 berkategori sedang. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan model Problem Based Learning melalui media Educaplay pada materi sistem reproduksi memperoleh kategori sangat baik. Pengujian dilanjutkan dengan uji hipotesis yang diperoleh nilai asymp sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dari penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning melalui media Educaplay pada hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem reproduksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Belajar Kognitif; Educaplay; Problem Based Learning; Sistem Reproduksi
Subjects: Education, Research
Human Anatomy, Cytology, Histology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: elsha refina nurannisa
Date Deposited: 27 Sep 2024 06:47
Last Modified: 27 Sep 2024 06:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99466

Actions (login required)

View Item View Item