Model pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berpikir rasional dan keterampilan proses sains Siswa SMP pada konsep sumber arus listrik searah

Farida, Ida (2011) Model pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berpikir rasional dan keterampilan proses sains Siswa SMP pada konsep sumber arus listrik searah. Jurnal Penelitian Inovasi dan Perekayasa Pendidikan, 5 (5). pp. 606-622. ISSN 2087-1503

[img]
Preview
Text
Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Memahami Konsep Beda Potensial.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertitik-tolak pada perlunya memperkenalkan pengetahuan kimia kepada siswa SLTP untuk memahami prinsip kerja batu baterai, sel aki dan sel Volta. Pada sumber arus listrik searah ini terjadi perubahan energi kimia menjadi energi listrik. Untuk itu dirancang model pembelajaran untuk memahami timbulnya beda potensial, bila dua logam berlainan jenis dicelupkan ke dalam larutan elektrolit berupa buah-buahan/umbi. Melalui metode penelitian kelas, model diimplementasikan terhadap 39 orang siswa SLTP kelas III oleh guru fisika kelas tsb. Dari analisis data hasil belajar terhadap t0,95(38) = 2,024, ternyata model dapat: (1) meningkatkan pemahaman konsep(thitung=15,523); (2) meningkatkan KBR pada aspek mengamati (t=11,381), mengklasifikasi (t=2,913) dan menggeneralisasi (t=3,764); (3) meningkatkan KPS pada aspek mengklasifikasi (t=2,913), menafsirkan (t=4,873), dan memprediksi (t=6,851). Siswa dan guru memberikan tanggapan positif terhadap model. Ditemukan terjadinya dissonansi kognitif pada siswa akibat kekeliruan penggunaan istilah katode dan anode oleh guru fisika dan pada buku-buku teks fisika SLTP. Sehingga disarankan: (1) pengetahuan kimia perlu diperkenalkan kepada siswa untuk memahami konsep-konsep fisika atau biologi di SLTP yang relevan (2) para guru fisika dan penulis buku teks fisika SLTP perlu memahami kembali perbedaan prinsip kerja sel elektrokimia dengan sel elektrolisis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, pengetahuan kimia di SLTP, pemahaman konsep beda potensial, keterampilan berpikir rasional, keterampilan proses sains.
Subjects: Electricity > Electrodinamics, Electric Current
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Dr Ida Farida
Date Deposited: 05 Aug 2018 12:04
Last Modified: 05 Aug 2018 12:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/9953

Actions (login required)

View Item View Item