Pengembangan e-LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi gelombang bunyi

Hasanah, Uswatun (2024) Pengembangan e-LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi gelombang bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya keterampilan proses sains siswa, penggunaan perangkat pembelajaran berupa LKPD cetak, serta tidak menghubungkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa menjadi fokus utama peneliti untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa e-LKPD berbasis contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi gelombang bunyi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) kelayakan e-LKPD berbasis CTL, (2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-LKPD berbasis CTL, dan (3) peningkatan keterampilan proses sains menggunakan e-LKPD berbasis CTL. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan metode Research and Development (R&D) tipe ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 31 peserta didik kelas XI-1 SMA PGRI Cicalengka. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan soal keterampilan proses sains. Teknik analisis yang dilakukan adalah perhitungan skor lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, N-Gain, dan uji Wilcoxon Signed Ranks. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa (1) e-LKPD berbasis CTL dikategorikan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi gelombang bunyi dengan persentase rata-rata sebesar 89%, (2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-LKPD berbasis CTL dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada materi gelombang bunyi dikategorikan sangat efektif digunakan dengan persentase rata-rata pada pertemuan pertama sampai ketiga sebesar 94,90% untuk aktivitas guru dan 90,08% untuk aktivitas peserta didik, dan (3) peningkatan keterampilan proses sains menggunakan e-LKDP berbasis CTL memperoleh skor rata-rata N-Gain pada pretest dan posttest sebesar 0,6229 atau 62,29% yang termasuk kategori peningkatan sedang. Sementara itu, hasil uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon karena data tidak terdistribusi normal dengan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 5%, diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 yang artinya kurang dari 5%, maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan peningkatan keterampilan proses sains yang signifikan setelah menggunakan e-LKPD berbasis contextual teaching and learning (CTL) materi gelombang bunyi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Elektronik lembar kerja peserta didik; gelombang bunyi; keterampilan proses sains; model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Uswatun Hasanah
Date Deposited: 30 Sep 2024 01:47
Last Modified: 30 Sep 2024 01:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99641

Actions (login required)

View Item View Item