Penerapan metode Nature Learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Matla’ul Atfal

Aripin, Nayla Rahmatia (2024) Penerapan metode Nature Learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Matla’ul Atfal. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (991kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif beberapa siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV MIS Matla’ul Atfal Kota Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan metode Nature Learning dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV MIS Matla’ul Atfal pada setiap siklus. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mencakup empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif, dan analisis data kualitatif. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III yang masing-masing siklus terdiri dari dua tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Nature Learning dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IV MIS Matla’ul Atfal. Peningkatan tersebut terlihat dari nilai rata-rata siswa, persentase ketuntasan hasil belajar kognitif siswa serta hasil observasi guru dan siswa. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa meningkat dari 67 pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 69,35 pada siklus II, dan lebih meningkat menjadi 77,59 pada siklus III. Dengan demikian, metode Nature Learning terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IV MIS Matla’ul Atfal pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Nature Learning; Hasil Belajar Kognitif; IPA;
Subjects: Natural Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nayla Rahmatia Aripin
Date Deposited: 07 Oct 2024 03:07
Last Modified: 07 Oct 2024 03:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99731

Actions (login required)

View Item View Item