Penerapan media papan QR-Code truth or dare untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam: Penelitian pada siswa kelas X di MAS YPP Sukamiskin Kota Bandung

Zein, Shelli (2024) Penerapan media papan QR-Code truth or dare untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam: Penelitian pada siswa kelas X di MAS YPP Sukamiskin Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam mengembangkan nilai-nilai moral Islam di kalangan siswa. Studi pendahuluan menunjukkan bahwa dari 30 siswa, dengan Kriterian Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75, rata-rata nilai mencapai 67. Hal ini menunjukkan masih terdapat sejumlah siswa yang belum mencapai nilai KKM. Penelitian ini mengusulkan media pembelajaran papan QR-Code truth or dare untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada kelas X di MAS YPP Sukamiskin Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui desain papan QR-Code Trurt or Dare pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam; (2) mengetahui penerapan media papan QR-Code Truth or Dare pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam; (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam setelah diterapkannya media papan QR-Code Truth or Dare. Penelitian ini didasarkan pada gagasan bahwa penggunaan berbagai macam media pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Salah satunya ialah dengan menggunakan media pembelajan papan QR-Code truth or dare. Maka dengan demikian, hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan media papan QR-Code truth or dare terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi, tes, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik perhitungan uji Independent Sample t-Test dengan jumlah sampel sebanyak 60 peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) desain media papan QR-Code truth or dare ini terinspirasi dari tema mata pelajaran yang diambil yaitu Sejarah Kebudayaan Islam materi Fathu Makkah yang didesain menggunakan aplikasi canva.; (2) proses penerapan media papan QR-Code truth or dare pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas eskperimen telah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata skor observasi pelaksanaan pembelajaran selama dua pertemuan yaitu sebesar 91% yang termasuk kedalam kategori sangat baik; (3) terdapat peningkatan yang signifikan antara penerapan media pembelajaran papan QR-Code truth or dare terhadap hasil belajar siswa di kelas eksperimen. Hal ini dapat dilihat dari hsil uji Independent Sample t-test atau uji T yang menunjukan bahwa Sig. (-2tailed) lebih kecil dari 0.05 atau Sig. (-2tailed) 0.000 < 0.05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Papan QR-Code Truth or Dare; Hasil Belajar; Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Shelli Zein
Date Deposited: 01 Oct 2024 03:01
Last Modified: 01 Oct 2024 03:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99734

Actions (login required)

View Item View Item