Pengaruh Circuit Learning berbantu MindMeister terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi Perubahan Lingkungan

Wardah, Prida Nuraini (2024) Pengaruh Circuit Learning berbantu MindMeister terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi Perubahan Lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (977kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy

Abstract

Circuit learning merupakan salah satu strategi yang digunakan pada pelaksanaan proses pembelajaran melalui pendekatan kelompok dengan menuntut siswa mengembangkan kata-kata dengan bahasa mereka sendiri berkaitan dengan materi yang telah dipelajari secara berkelompok. MindMeister, media pembuatan bagan konsep yang dipakai dalam pembelajaran dapat digunakan dengan mudah oleh siswa sekaligus membantu siswa untuk memanfaatkan aplikasi digital di era digitalisasi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar kognitif siswa melalui circuit learning berbantu MindMeister pada materi perubahan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan Quasi Experiment dengan pendekatan kuantitatif. Hasil analisis data hasil belajar kognitif siswa pada materi perubahan lingkungan diperoleh rata-rata N-Gain sebesar 0,65 yang menunjukkan kategori sedang dengan nilai effect size sebesar 0,76 pada taraf sedang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa circuit learning berbantu mindmeister berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi perubahan lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Circuit Learning; Hasil Belajar Kognitif; MindMeister
Subjects: Education
Biology
Animal Husbandry > Education, Research, Related Topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Prida Nuraini Wardah
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:40
Last Modified: 02 Oct 2024 02:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99794

Actions (login required)

View Item View Item