Tanggapan Siswa terhadap penerapan Penilaian Autentik Kompetensi Sikap pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak hubungannya dengan Akhlak mereka sehari-hari

Asri, Farida Fuzi (2018) Tanggapan Siswa terhadap penerapan Penilaian Autentik Kompetensi Sikap pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak hubungannya dengan Akhlak mereka sehari-hari. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (524kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya penilaian dalam dunia peendidikan, terutama pada penilaian autentik kompetensi sikap. Fenomena yang muncul di MTS Pameuntasan kurang baiknya akhlak siswa sehari-hari. Hal ini disebabkan siswa kurang mengaplikasikan kualifikasi penilaian sikap dalam kurikulum diantaranya penilaian sikap spiritual dan sikap sosial yang seharusnya diterapkan dan berdampak pada akhlak mereka. Sehingga akhlak siswa menjadi kurang baik. Pernyataan tersebut dilihat dari nilai kompetensi sikap spiritual maupun sosial kategori rendah dan itu berdampak pada akhlak mereka sehari-hari. Kenyataan tersebut akhlak siswa masih kategori kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Realitas tanggapan siswa terhadap penerapan penilaian autentik kompetensi sikap pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, (2) Realitas akhlak siswa sehari-hari dan (3) Realitas hubungan tanggapan siswa terhadap penerapan penilaian autentik kompetensi sikap pada mata pelajaran Aqidah Akhlak hubungannya dengan akhlak siswa sehari-hari. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwasannya penerapan penilaian autentik kompetensi sikap pada mata pelajaran Aqidah Akhlak mencakup penilaian sikap meliputi: KI I sikap spiritual “menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut”, dan KI 2 sikap sosial “jujur, disiplin, tanggungjawab, gotong royong, toleran, santun, dan percaya diri. Tujuan daripada penerapan penilaian autentik kompetensi sikap pada mata pelajaran Aqidah Akhlak untuk memperkenalkan kepada siswa akan kepercayaan yang benar, menumbuhkan generasi yang kepercayaan, keimannnya sah dan benar. Selain itu agar setiap siswa berbudi pekerti, berperilaku, berperangai, beradat istiadat yang baik sesuai dengan ajaran agama Islam, berakhlak mulia, menjadi pribadi muslim serta memiliki kepribadian muslim. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah observasi, angket, wawancara, dokumentasi, studi kepustakaan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 45 orang terhadap siswa kelas VIII. Analisis data dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa tanggapan siswa terhadap penerapan penilaian autentik kompetensi sikap pada mata pelajaran Aqidah Akhlak sebesar 2,72. berkategori cukup yang berada pada interval 2,5 - 3,5. Akhlak siswa sehari-hari diperoleh hasil 3,19 berkategori sedang yang berada pada interval 2,5 – 3,5. Adapun linieritas regresinya diperoleh hasil bahwa F_(hitung=3,56>) F_(tabel=2,09 )maka data tersebut tidak linier. Nilai koefesien korelasinya diperoleh sebesar 〖t 〗_(hitung=hitung=32,15>) 〖t 〗_(tabel=2,02) maka hipotesis diterima, dan tanggapannya sebesar 80% hal ini berarti masih ada sekitar 20% lagi faktor lain yang mempengaruhi akhlak siswa sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Autentik; Akhlak
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farida Fuzi Asri
Date Deposited: 31 May 2018 09:20
Last Modified: 31 May 2018 09:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/9980

Actions (login required)

View Item View Item