Tashara, Shandyka Ganiar (2018) Penerapan Model Pembelajaran (Project Based Learning) PjBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi: Penilitian Pre-Experiment di kelas XI SMAN 1 Tanjungsiang-Subang Tahun Ajaran 2017-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (623kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (949kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
Abstract
Keterlaksanaan model pembelajaran Project Based Learning pembelajaran materi Usaha dan Energi untuk meningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada materi Usaha dan Energi. Metode penelitiannya adalah pre-experimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPA SMAN 1 Tanjungsiang. Pada peserta didik kelas XI sampel yang diambil adalah kelas XI IPA-I sebanyak 25 peserta didik. Data mengenai keterlaksanaan guru dan peserta didik diperoleh melalui lembar observasi, sedangkan data peningkatan berpikir kritis peserta didik melalui tes essay sebanyak 10 soal. Hasil penelitian selama tiga pertemuan selama mengikuti model pembelajaran Project Based Learning mengalami peningkatan pada tiap pertemuannya dengan rata-rata aktivitas guru sebesar 88.57% dengan kategori baik dan aktivitas peserta didik sebesar 87.43 % dengan kategori baik. Begitu juga terdapat peningkatan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Project Based Learning dengan peningkatan sebesar 0.63% yang termasuk kedalam kategori sedang. Dengan demikian dapat dijadikan sebagai solusi guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning; Berpikir Kritis; Usaha dan Energi |
Subjects: | Physics > Research and Statistical Methods of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Shandyka Ganiar Tashara |
Date Deposited: | 31 May 2018 06:52 |
Last Modified: | 31 May 2018 06:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/9982 |
Actions (login required)
View Item |