Penerapan Model Pembelajaran (Project Based Learning) PjBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi: Penilitian Pre-Experiment di kelas XI SMAN 1 Tanjungsiang-Subang Tahun Ajaran 2017-2018

Tashara, Shandyka Ganiar (2018) Penerapan Model Pembelajaran (Project Based Learning) PjBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi: Penilitian Pre-Experiment di kelas XI SMAN 1 Tanjungsiang-Subang Tahun Ajaran 2017-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (623kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy

Abstract

Keterlaksanaan model pembelajaran Project Based Learning pembelajaran materi Usaha dan Energi untuk meningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada materi Usaha dan Energi. Metode penelitiannya adalah pre-experimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPA SMAN 1 Tanjungsiang. Pada peserta didik kelas XI sampel yang diambil adalah kelas XI IPA-I sebanyak 25 peserta didik. Data mengenai keterlaksanaan guru dan peserta didik diperoleh melalui lembar observasi, sedangkan data peningkatan berpikir kritis peserta didik melalui tes essay sebanyak 10 soal. Hasil penelitian selama tiga pertemuan selama mengikuti model pembelajaran Project Based Learning mengalami peningkatan pada tiap pertemuannya dengan rata-rata aktivitas guru sebesar 88.57% dengan kategori baik dan aktivitas peserta didik sebesar 87.43 % dengan kategori baik. Begitu juga terdapat peningkatan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Project Based Learning dengan peningkatan sebesar 0.63% yang termasuk kedalam kategori sedang. Dengan demikian dapat dijadikan sebagai solusi guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning; Berpikir Kritis; Usaha dan Energi
Subjects: Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Shandyka Ganiar Tashara
Date Deposited: 31 May 2018 06:52
Last Modified: 31 May 2018 06:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/9982

Actions (login required)

View Item View Item