Azzah, Nadiyya Septi Nur (2024) peningkatan kemampuan Socio-Scientific Reasoning peserta didik dengan menggunakan Socio-Scientific Inquiry-Based Learning (SSIBL) pada materi perubahan lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (20MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (1).pdf Download (20MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (20MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (20MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (20MB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (20MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (20MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (20MB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (20MB) |
Abstract
Kemampuan Socio-Scientific Reasoning (SSR) merupakan kerangka berpikir yang melibatkan penggabungan pengetahuan konseptual, keterampilan berargumentasi, dan kemampuan mengambil keputusan untuk menganalisis dan mengatasi isu-isu sosial-ilmiah yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan Socio-Scientific Reasoning peserta didik dengan menggunakan Socio-Scientific Inquiry-Based Learning (SSIBL) pada materi perubahan lingkungan. Metode penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan desain non-equivalent pretest-posttest control group design, dimana sampel dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model SSIBL memperoleh nilai presentase sebesar 98% untuk aktivitas guru dan 95% untuk aktivitas peserta didik. Peningkatan kemampuan SSR peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,60 (sedang) dan 0,41 (sedang), hal tersebut juga dikuatkan dengan hasil uji t dengan perolehan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan peningkatan kemampuan SSR peserta didik pada kelas dengan dan tanpa model SSIBL. Hasil respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan model SSIBL memperoleh presentase 77% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat peningkatan dalam kemampuan SSR peserta didik setelah dilakukan pembelajaran dengan model SSIBL pada materi perubahan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perubahan Lingkungan; Socio-Scientific Inquiry-Based Learning (SSIBL); Socio-Scientific Reasoning |
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nadiyya Septi Nur Azzah |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 07:01 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 07:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99826 |
Actions (login required)
View Item |