Pengaruh Corporate Sosial Responsibility dan Company Size terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2020-2022

Mubarraq, Padilah Rusli Hari (2024) Pengaruh Corporate Sosial Responsibility dan Company Size terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2020-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada pengamatan terhadap beberapa perusahaan, yaitu PT Unilever Indonesia Tbk, PT Sariguna Primatirta Tbk, PT Wilmar Cahaya Indonesia Tbk, PT Campina Ice Cream Industry Tbk, dan PT FKS Food Sejahtera Tbk. Dalam teori yang ada, Corporate Social Responsibility (CSR) yang tinggi diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan Nilai Perusahaan, karena komitmen perusahaan terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan yang tinggi akan memperkuat reputasi, meningkatkan kepercayaan konsumen, loyalitas pelanggan, serta daya tarik bagi investor. Sebaliknya, CSR yang rendah dapat berdampak pada penurunan Nilai Perusahaan. Ketika Company Size besar, hal ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki sumber daya yang luas, yang berpotensi meningkatkan Nilai Perusahaan. Kondisi ini juga dapat menjadi faktor penentu dalam pengambilan keputusan investor terkait investasi di perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Sosial Responsibility dan Company Size terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Studi di PT Unilever Indonesia Tbk, PT Sariguna Primatirta Tbk, PT. Wilmar Cahaya Indonesia Tbk PT. Campina Ice Cream Industry Tbk PT FKS Food Sejahtera Tbk. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif asosiatiif Sumber data yang dipakai dalam penelitian ini ialah data panel yang didapat dari publikasi laporan keuangan dan laporan Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi pada periode 2020-2022. Metode analisis data yang dipakai ialah analisis deskriptif, uji regresi berganda data panel, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa (1) Secara parsial Corporate Sosial Responsibility terbukti tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Dengan uji t sebesar 0,4530. (2) Secara parsial Company Size terbukti tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Dengan uji t sebesar 0,8364. (3) secara simultan Corporate Sosial Responsibility dan Company Size tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Dengan koefisisen determinasi (R2) 0,023489 % dan uji f sebesar 0,322980. Dalam hal ini Akad syariah yang terkait dengan Corporate Social Responsibility (CSR) adalah akad Tabarru, sementara Company Size dan Nilai Perusahaan dapat dikaitkan dengan akad Musyarakah Kata kunci: Corporate Sosial Responsibility, Company Size, Nilai Perusahaan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Corporate Sosial Responsibility; Company Size; Nilai Perusahaan
Subjects: Econmics > Economic Situation and Conditions in Indonesia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: 1209230065
Date Deposited: 03 Oct 2024 03:24
Last Modified: 03 Oct 2024 03:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99887

Actions (login required)

View Item View Item