Penerapan model Probing Prompting berbasis pendekatan Socio Scientific Issues (SSI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan

Haqiyah, St. Tsaqifatul (2024) Penerapan model Probing Prompting berbasis pendekatan Socio Scientific Issues (SSI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (760kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (911kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilaksanakan di salah satu Sekolah Menengah Atas di Bandung, diperoleh informasi bahwa kemampuan berpikir kritis siswa saat mempelajari biologi rendah, metode pembelajaran yang sering digunakan masih berbasis ceramah, serta kurangnya motivasi belajar siswa karena pembelajaran cenderung pasif. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis, dan menganalisis respon siswa terhadap pembelajaran model Probing Prompting berbasis pendekatan SSI pada materi perubahan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental research dengan jenis desain one group pretest-posttest design. Hasil dari penelitian ini yaitu keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rata-rata aktivitas guru sebesar 96% dan aktivitas siswa sebesar 93% dengan kategori sangat baik, peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,61 dengan kategori sedang, dan siswa menunjukkan respon positif dengan rata-rata nilai 79% kriteria kuat. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Probing Prompting berbasis pendekatan SSI pada materi perubahan lingkungan terlaksana dengan sangat baik, mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, dan mendapat respon yang positif dari siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis; Perubahan Lingkungan; Probing Prompting; SSI
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Haqiyah St. Tsaqifatul
Date Deposited: 03 Oct 2024 07:09
Last Modified: 03 Oct 2024 07:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99898

Actions (login required)

View Item View Item