Manajemen Pendidikan Karakter di Madrasah Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tangerang

Badarudin, Badarudin (2018) Manajemen Pendidikan Karakter di Madrasah Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tangerang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (747kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy

Abstract

Badarudin : Manajemen Pendidikan Karakter di Madrasah (Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tangerang). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Madrasah Aliyah Negeri 1 Tangerang bahwa memiliki konsep pendidikan karakter dengan menekankan peserta didik memiliki nilai akhlak karimah, jujur, bertanggung jawab, dan memiliki kesadaran untuk bersih dan rapih yang terintegrasi dalam kurikulum dan pembelajaran agar peserta didik memiliki pengetahuan, sikap, dan pelaksanaan yang mampu mendekatkan peserta didik kepada sang pencipta dan Rasulnya Nabi Muhammad SAW. Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa pendidikan karakter perlu dilakukan dan dibutuhkan mengingat adanya landasan hukum pemerintah yang dibuat dalam UUD 1945 pasal 31 ayat 2, UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Madrasah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang masalah dari mulai profil madrasah, kebijakan pendidikan karakter madrasah, perencanaan pendidikan karakter madrasah, pelaksanaan pendidikan akrakter madrasah, dan indikator pendidikan karakter yang dikaitkan dengan kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif yaitu menggambarkan dan mengungkapkan fakta yang ada kemudian dijelaskan secara deskriptif dengan menggunakan kata-kata atau uraian. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik studi dokumentasi atau menyalin. Dari hasil penelitian ini data yang ditemukan dapat disimpulkan bahwa profil Madrasah Aliyah Negeri 1 Tangerang ini berdiri berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Agama No. 244 tahun 1993, tanggal 25 Oktober 1993. Tepatnya pada tanggal 25 Juli 1994. Dengan beralasan minimnya madrasah pada saat itu yang berada di wilayah tersebut yaitu Tangerang, dengan tujuan agar masyarakat sekitar tidak khawatir akan menghilangnya sekolah yang berbasis kepada keislaman yang pada saat itu masyarkatnya sangat kental dengan budaya Islam. Kebijakan pendidikan karakter dilandasi oleh Peraturan Pendidikan Nasional yang sudah ditetapkan dan didukung dengan berbagai kegiatan ekstrakurikuler maupun pembiasaan yang ada di madrasah. Perencanaan pendidikan karakter yang diintegrasikan kedalam visi, misi, dan tujuan Madrasah Aliyah Negeri 1 Tangerang. Pelaksanaan pendidikan karakter karakter dilaksanakan dengan dibuatnya standar pendidikan karakter yang bertujuan untuk melandasi dan membatasi kegiatan pendidikan karakter, dan tidak lupa dengan melakukan monitoring dengan jangka waktu pendek, sedang, dan panjang untuk mengukur keberhasilan pendidikan karakter. Keberhasilan pendidikan karakter dapat diketahui dari kriteria keberhasilan, efektif dan efisien manajemen pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen;Pendidikan;Karakter;Madrasah
Subjects: Christianity > Education, Research
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Badar Udin
Date Deposited: 31 May 2018 06:23
Last Modified: 31 May 2018 06:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/9990

Actions (login required)

View Item View Item