Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa melalui pembelajaran skimming, mind mapping, questioning, eksploring, writing, communicating berbantuan geogebra : Penelitian kuasi eksperimen di kelas XI SMA Mekar Arum

Fitria, Iis Wasiatul (2024) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa melalui pembelajaran skimming, mind mapping, questioning, eksploring, writing, communicating berbantuan geogebra : Penelitian kuasi eksperimen di kelas XI SMA Mekar Arum. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada hasil riset pendahuluan yang menunjukkan bahwa perlu adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis peserta didik di SMA Mekar Arum. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran SIMAS ERIC pada materi turunan fungsi aljabar; (2) mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang menggunakan pembelajaran SIMAS ERIC dengan pembelajaran konvensional; (3) mengetahui perbedaan pencapaian kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang menggunakan pembelajaran SIMAS ERIC dengan pembelajaran konvensional; serta (4) mengetahui bagaimana disposisi matematis peserta didik yang memperoleh model pembelajaran SIMAS ERIC berbantuan Aplikasi Geogebra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain penelitian The Nonequivalent Pre-Test PostTest Control Group Design. Sampel terdiri dari 24 peserta didik kelas eksperimen (XI MIPA 3) dan 24 peserta didik kelas kontrol (XI MIPA 2), dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik dalam pembelajaran SIMAS ERIC dikategorikan sangat baik; (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang menggunakan pembelajaran SIMAS ERIC dengan pembelajaran konvensional; (3) terdapat perbedaan pencapaian pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang menggunakan pembelajaran SIMAS ERIC dengan pembelajaran konvensional; serta (4) disposisi matematis peserta didik umumnya memberikan sikap positif setelah menggunakan model pembelajaran SIMAS ERIC berbantuan Aplikasi Geogebra.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah matematis; disposisi matematis; SIMAS ERIC; Geogebra
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: iis wasiatul fitria
Date Deposited: 04 Oct 2024 03:19
Last Modified: 04 Oct 2024 03:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99969

Actions (login required)

View Item View Item