@unpublished{digilib107865, month = {April}, title = {Student Engagement dalam pengambilan keputusan karier siswa kelas XII-5: Penelitian di SMAN 27 Bandung}, school = {UIN Sunan Gunung Djati Bandung}, author = {Zabra Tuhfah Janna}, year = {2025}, keywords = {student engagement; keputusan karier; siswa kelas XII}, url = {https://digilib.uinsgd.ac.id/107865/}, abstract = {Pengambilan keputusan karier adalah suatu proses yang harus dihadapi oleh siswa kelas XII, dan menjadi salah satu momen penting untuk menentukan masa depan siswa. Hal yang dibutuhkan siswa ialah pengetahuan mengenai diri, informasi pilihan karier, dan dukungan dalam proses tersebut. Siswa yang terlibat aktif di sekolah baik segi perilaku, emosional, dan kognitif dapat membantu siswa menentukan pilihan lanjutan karier. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kondisi awal student engagement siswa kelas XII-5 di SMAN 27 Bandung, pengambilan keputusan karier siswa kelas XII-5 di SMAN 27 Bandung dan mengetahui hasil pengambilan keputusan karier dengan adanya student engagement siswa kelas XII-5 di SMAN 27 Bandung., dan dilihat dari perspektif Islam. Dengan harapan, penelitian ini dapat diperoleh pemahaman mengenai student engagement dalam pengambilan keputusan karier siswa khusunya siswa kelas XII. Penelitian berlandaskan teori decision career making sebagai indikator mengenai aspek keberhasilan pengambilan keputusan karier dan teori student engagement yang melihat keterlibatan siswa dari segi perilaku, emosional, dan kognitif sebagai upaya membantu siswa mengenal diri sehingga dapat mengambil keputusan karier. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang lakukan ialah observasi, wawancara, dan pengumpulan dokumentasi untuk mendukung penelitian. Melibatkan beberapa siswa kelas XII-5 sebagai key informan, dan guru BK serta Wali kelas XII-5 dalam wawancara. Hasil penelitian menunjukkan student engagement memiiliki kontribusi dalam pengambilan keputusan karier siswa kelas XII-5 di SMAN 27 Bandung. Siswa yang terlibat aktif secara behavioral, emotional, cognitive, dan affective cenderung lebih siap dan percaya diri dalam mengambil keputusan karier. Keterlibatan aktif ini membantu siswa mendapatkan lingkungan belajar positif, informasi karier, dan pengembangan keterampilan. Meskipun demikian, masih terdapat tantangan yang perlu diatasi dalam mengoptimalkan pelaksanaan student engagement.} }