eprintid: 108057
rev_number: 44
eprint_status: archive
userid: 890719
dir: disk0/00/10/80/57
datestamp: 2025-05-19 07:28:29
lastmod: 2025-05-19 07:28:29
status_changed: 2025-05-19 07:28:29
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Khoiriyah, Annisa
creators_id: 1212090022
contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS
contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS
contributors_name: F. Ramdhan, Dadan
contributors_name: Sofyan, Muhammad
corp_creators: UIN Sunan Gunung Djati Bandung
title: Sekolah ramah anak dalam mencegah perilaku bullying di sekolah dasar
ispublished: unpub
subjects: ddc_107
subjects: ddc_370
subjects: ddc_370_5
subjects: ddc_370_6
subjects: ddc_371_04
subjects: ddc_371_4
subjects: ddc_371_5
subjects: ddc_371_8
subjects: ddc_371_9
divisions: prodi_pgmi
full_text_status: restricted
keywords: Bullying; Sekolah Ramah Anak; Sekolah Inklusi; Sekolah Dasar
abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman untuk mencegah perilaku bullying di sekolah dasar. Sekolah seharusnya melindungi hak anak dari berbagai bentuk kekerasan, baik fisik maupun verbal. Salah satu langkah dari pemerintah ialah dengan menciptakan program Sekolah Ramah Anak yang bertujuan untuk menjamin serta menghormati hak-hak anak, melindungi mereka dari kekerasan, diskriminasi, dan pelanggaran lainnya, serta mendorong partisipasi anak dalam perencanaan dan pengambilan kebijakan.

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan Sekolah Ramah Anak di SD Labschool UPI Cibiru dan upaya yang dilakukan dalam mencegah perilaku bullying. (1) Mengidentifikasi Strategi perencanaan, (2) Pelaksanaan program Sekolah Ramah Anak, (3) Evaluasi dari pelaksanaan program Sekolah Ramah Anak dalam mencegah perilaku bullying di sekolah dasar. 

 Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan analitik deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, peserta didik, dan orang tua, serta observasi partisipatif di lingkungan sekolah terkait penerapan Sekolah Ramah Anak (SRA) dan dampaknya terhadap perilaku bullying. 

 Hasil penelitian ini menunjukkan meskipun kasus bullying masih ada, namun tindakan yang diambil oleh sekolah cukup berpengaruh dalam menciptakan lingkungan yang ramah, aman dan mendukung bagi siswa. Langkah yang sekolah lakukan, di antaranya; (1) Strategi perencanaan, dengan menerapkan kebijakan yang jelas, pelatihan bagi guru, serta melibatkan siswa dan orang tua secara aktif, (2) Pelaksanaan Program SRA, menunjukkan komitmen sekolah dalam menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi seluruh peserta didik, Di antaranya adalah; a) Implmentasi kebijakan anti bullying, (b) Pelatihan guru dan staff, (c) Kegiatan edukatif dan kesadaran peserta didik, (d) Keterlibatan orang tua, (e) Monitoring dan evaluasi, (f) Tindakan yang diambil sekolah dalam menangani bullying dalam perspektif islam (pendekatan empatik), (3) Evaluasi Program SRA, cakupan mengenai efektivitas berbagai penerapan yang dilaksanakan untuk mencegah perilaku bullying, Di antaranya adalah; (a) Penurunan kasus bullying, (b) Peningkatan kesadaran peserta didik, (c) Respon positif dari guru, (d) Keterlibatan orang tua, (e) Respon positif dari peserta didik. Melalui berbagai tindakan-tindakan tersebut, dapat dikatakan, program Sekolah Ramah Anak berpengaruh dalam pencegahan perilaku bullying. Program ini menciptakan lingkungan yang aman dan inklusif, yang mendorong siswa untuk saling menghormati dan berkolaborasi. Program ini juga berhasil meningkatkan kesadaran guru dan orang tua tentang pentingnya pencegahan bullying, serta mendorong partisipasi aktif siswa dalam kegiatan. Dapat dikatakan program Sekolah Ramah Anak (SRA) dapat membantu sekolah dalam pencegahan perilaku bullying di Sekolah Dasar.
date: 2025-03-19
date_type: completed
institution: UIN Sunan Gunung Djati Bandung
department: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
thesis_type: other
thesis_name: other
referencetext: Sugiyono, S. (2010). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, RnD, Bandung: CV;

Suparman, U. (2020). Bagaimana menganalisis data kualitatif. Bandarlampung: Pusaka Media;

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications;

Firmansyah, D., & Saepuloh, D. (2022). Social Learning Theory: Cognitive and Behavioral Approaches. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(3), 297–324 https://journal.formosapublisher.org/index.php/jiph/index;

Giacolini, T. (2021). John Bowlby. Neuropsychoanalysis of the Inner Mind, 63–81. https://doi.org/10.4324/9781003198741-4 
Sickenberg, O. (1951). Developmental Psychology, 28(5), 327. https://cmapspublic2.ihmc.us/rid=1LQX400NM-RBVKH9-1KL6/the%20origins%20of%20attachment%20theory%20john%20bowlby%20and_mary_ainsworth;

Ansani, & H. Muhammad Samsir. (2022). Teori Pemodelan Bandura. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(7), 3067–3080. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i7.692;

Illa kartika, (2012, 28 Mei). Anak-anak cenderung meniru adegan di televisi. Retrieved from nasional.kompas.com: 
https://nasional.kompas.com/read/2012/05/28/22490165/Anakanak.Cenderung.Meniru.Adegan.di.Televisi?page=all;

Schott, R. M., & Søndergaard, D. M. (Eds.). (2014). School bullying: New theories in context. Cambridge University Press;

Olweus, D., & Limber, S. P. (2010). Bullying in school: evaluation and dissemination of the Olweus Bullying Prevention Program. American journal of Orthopsychiatry, 80(1), 124;

Liestyasari, S. I. (2023). Konstruksi Sekolah Ramah Anak Dalam Mencegah Perilaku Bullying Di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Surakarta (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).
Tim Yayasan Semai Jiwa Amini. (2008). Bullying: mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan sekitar anak. Grasindo;

Salam, R., Pamuti, P., & Nasarudin, N. (2023). Efektivitas implementasi program sekolah ramah anak di SMPN 2 Kota Ternate. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan, 3(2), 81-88;

Qamaria, R. S., Pertiwi, F. H., Mulyani, L. N., Sari, N. N., Harriroh, A., Haq, I. N., ... & Jannah, M. (2023). Upaya Menciptakan Lingkungan Sekolah Ramah Anak Melalui Kampanye Stop Bullying. Kontbusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 33-46. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.265;

Wardefi, R., Hidayat, M., & Wiza, R. (2023). Pengurangan Perilaku Bullying pada Sekolah Ramah Anak. ISLAMIKA, 5(2), 704-720. https://doi.org/10.36088/islamika.v5i2.3154;

Noya, A., & Kiriwenno, E. (2024). Sosialisasi pencegahan perundungan dalam upaya mewujudkan sekolah ramah anak. Jurnal Abdi Insani, 11(1), 294-305. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i1.1337;
 
Azizah, A. N., Fitriawan, B. K. N., Muzhaffarah, N. S., Anisa, S. N., & Syanur, V. F. (2023). Implementasi Sekolah Ramah Anak Untuk Mewujudkan Perilaku Antikekerasan. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 16(2). https://doi.org/10.24832/jpkp.v16i2.801;

Haniya, H., Jannah, M., & Malaikosa, Y. M. L. (2024). Peran Sekolah Ramah Anak Dalam Mencegah Dan Mengatasi Perundungan Pada Anak Usia Dini. SOSPENDIS: Sosiologi Pendidikan Dan Pendidikan IPS, 2(2), 73-81;

Kurniyawan, M. D., Sultoni, S., & Sunandar, A. (2020). Manajemen sekolah ramah anak. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(2), 192-198;

Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan sekolah ramah anak. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 145-154. https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.480;

Arifin, S. (2016). Perkembangan kognitif manusia dalam perspektif psikologi dan Islam. Tadarus, 5(1), 50-67. https://doi.org/10.30651/td.v5i1.350;

Rahmania, T. (2023). Psikologi perkembangan. Sada Kurnia Pustaka;

Alfina, A., & Anwar, R. N. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak Paud Inklusi. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 36–47. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i1.975;

Amnda, V., Wulandari, S., Wulandari, S., Nabila Syah, S., Andi Restari, Y., Atikah, S., Engkizar, E., Anwar, F., & Arifin, Z. (2020). Bentuk Dan Dampak Perilaku Bullying Terhadap Peserta Didik. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 5(1), 19–32. https://doi.org/10.34125/kp.v5i1.454;

Anjelita, K., & Utama, C. (2024). Darurat Bullying: Perilaku Dan Solusi Untuk Menangani Tindak Bullying Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 31–41;

Aulannisa, A., & Mustika, D. (2024). Analisis Dampak Bullying terhadap Perilaku Sosial Emosional Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(4), 2461–2472. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.7918;

Bertholomeus Jawa B,  et all. (2022). SEKOLAH RAMAH ANAK. CV. Literasi Nusantara;

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Choosing among five approaches. In Sage publications. https://www.researchgate.net/profile/Rulinawaty-Kasmad/publication/342229325_Second_Edition_QUALITATIVE_INQUIRY_RESEARCH_DESIGN_Choosing_Among_Five_Approaches/links/5eec7025458515814a6ac263/Second-Edition-QUALITATIVE-INQUIRY-RESEARCH-DESIGN-Choosing-Among;

Fitriya, A., & Nurhaini. (2019). Peranan Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Diri di Desa Kamal Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Keagamaan, 53(9), 1689–1699;

Giacolini, T. (2021). John Bowlby. Neuropsychoanalysis of the Inner Mind, 63–81. https://doi.org/10.4324/9781003198741-4;

Hadi Mungawan, S., dan solusinya dalam Al Qur, B., Rofiqoh, S., & Muhammad Ali Shodiq Tulungagung, S. K. (2023). Bullying Dan Solusinya Dalam Al Qur’an. 01, 1–18. https://ejournal.stai-mas.ac.id/index.php/iat;

Manik, S., Sembiring, M., Padang, I., & Manurung, L. (2022). Theory of Bandura’s Social Learning in The Process Of Teaching at SMA Methodist Berastagi Kabupaten Karo. Jurnal Visi Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 85–96. https://doi.org/10.51622/pengabdian.v3i2.729;

Rosalin, L. N. (2015). Panduan Sekolah Ramah Anak. Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, 42;

Saefulloh, A. (2020). Bullying Dalam Pandangan Islam. Pendidikan Islam, 1, 10;

Suparman, U. (2020). Bagaimana Menganalisis Data Kualitatif? In Pustaka Media;

Tarsono, T. (2018). Implikasi Teori Belajar Sosial (Social Learning Theory) Dari Albert Bandura Dalam Bimbingan Dan Konseling. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 29–36. https://doi.org/10.15575/psy.v3i1.2174;

Trisnani, R. P., & Wardani, S. Y. (2019). Perilaku Bullying Di Sekolah. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i1.37;

Us’an. (2021). Sekolah Ramah Anak Upaya Meminimalisir Perilaku Bullying. Yogyakarta : Penerbit Deepublish, 2021 Copyright © 2021 by Deepublish Publisher;

Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan Sekolah Ramah Anak. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 145–154. https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.480;

Fauziah, D. R. (2023). Bullying Dalam Perspektif Ke-Islaman. Islamic Education, 1(3), 642-654;

Kamaruddin, R., & Fatmal, A. B. (2024). Bullying In Education In The Perspective Of Hadith. Ikhtisar: Jurnal Pengetahuan Islam, 4(2), 417-432;

Mungawan, S. H., & Rofiqoh, S. (2023). Bullying: Bullying dan solusinya dalam Al Qur'an. Shād: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 1(1), 1-18;

Sholeh, M. I. (2023). Implementasi nilai-nilai keislaman dalam program anti-bullying di lembaga pendidikan Islam. Al Manar, 1(2), 62-85;

Nafisa, R. B., Satria, H., Ginting, A. S. A., & Jendri, J. (2025). Penafsiran Ayat Berkaitan dengan Bullying dalam Al-Quran. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(1), 257-267;

Maisah, S. (2020). Bullying dalam Prespektif Pendidikan Islam. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1);

Melinda, L. P., Warlizasusi, J., & Khair, U. (2021). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak dalam Membentuk Budaya Sekolah di MIS GUPPI 12 Lubuk Kembang (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup);

Lestari, S. (2017). Implementasi Sekolah Ramah Anak Di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA);

Sumarni, s. (2021). Implementasi program sekolah ramah anak dalam mengembangkan karakter kemandirian anak kelas ii di sdn 3 sinjai (doctoral dissertation, institut agama islam muhammadiyah sinjai);

Muitasari, S. (2016). Implementasi program Sekolah Ramah Anak dalam mengembangkan kecakapan hidup (Studi pendampingan anak korban kekerasan di Yayasan Setara). Semarang: Universitas Negeri Semarang;

Fitriya, A., & Nurhaini, N. (2020). Peranan Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Desa Kamal Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, 18(1), 167-182.
Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013).
citation:   Khoiriyah, Annisa  (2025) Sekolah ramah anak dalam mencegah perilaku bullying di sekolah dasar.  Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.   
document_url: https://digilib.uinsgd.ac.id/108057/1/Cover.pdf
document_url: https://digilib.uinsgd.ac.id/108057/2/Abstrak.pdf
document_url: https://digilib.uinsgd.ac.id/108057/3/Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-ANNISA%20NUR%20KHOIRIYAH.pdf
document_url: https://digilib.uinsgd.ac.id/108057/4/Daftar%20Isi.pdf
document_url: https://digilib.uinsgd.ac.id/108057/5/Bab%20I.pdf
document_url: https://digilib.uinsgd.ac.id/108057/6/Bab%20II.pdf
document_url: https://digilib.uinsgd.ac.id/108057/7/Bab%20III.pdf
document_url: https://digilib.uinsgd.ac.id/108057/8/Bab%20IV.pdf
document_url: https://digilib.uinsgd.ac.id/108057/9/Bab%20V.pdf
document_url: https://digilib.uinsgd.ac.id/108057/11/Daftar%20Pustaka.pdf
document_url: https://digilib.uinsgd.ac.id/108057/10/LAMPIRAN%20%281%29.pdf