Penerapan model pembelajaran SOLE (Self-Organized Learning Environment) berbantuan aplikasi Telegram untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa

Luthfia, Afifah Nurul (2024) Penerapan model pembelajaran SOLE (Self-Organized Learning Environment) berbantuan aplikasi Telegram untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (413kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil studi pendahuluan yang menyatakan kemampuan komunikasi matematis siswa masih perlu di tingkatkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran SOLE (Self-Organized Learning Environment) berbantuan aplikasi telegram, mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran SOLE (Self-Organized Learning Environment) berbantuan aplikasi telegram lebih baik daripada model pembelajaran konvensional dan mengetahui apakah terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran SOLE (Self-Organized Learning Environment) berbantuan aplikasi telegram dengan model pembelajaran konvensional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Bandung. Pengambilan sampel menggunakan random sampling yaitu kelas VIIA dan VIIB. Metode yang digunakan quasi eksperimen dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group. Hasil penelitian ini adalah proses pembelajaran mendapatkan kategori baik sekali, peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model SOLE (Self-Organized Learning Environment) berbantuan aplikasi telegram lebih baik dan terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa. Kesimpulannya dengan menerapkan model pembelajaran SOLE (Self-Organized Learning Environment) berbantuan aplikasi telegram adalah salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: SOLE (Self-Organized Learning Environment); Telegram dan Kemampuan Komunikasi Matematis.
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Communications Telemunications > Telegraph
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Afifah Nurul Luthfia
Date Deposited: 07 Oct 2024 03:08
Last Modified: 07 Oct 2024 03:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100045

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item