Pengaruh model Guided Inquiry Reading Sharing Mindmap and Communication (GIReSiMCo) terhadap peningkatan hasil belajar kognitif pada materi sistem reproduksi

A'yun, Qurrota (2024) Pengaruh model Guided Inquiry Reading Sharing Mindmap and Communication (GIReSiMCo) terhadap peningkatan hasil belajar kognitif pada materi sistem reproduksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTARISI)
3_daftarisi.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB1)
4_bab1.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text (BAB2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB3)
6_bab3 (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTARPUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar kognitif merupakan salah satu unsur penting yang perlu diperhatikan dalam mencapai keberhasilan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Guided Inquiry Reading Sharing Mindmap and Communication (GiReSiMCo) terhadap peningkatan hasil belajar kognitif pada materi Keluarga Berencana dan gangguan sistem reproduksi. Digunakan metode quasi eksperiment dengan desain Non-equivalent pretest-posttest control group, melibatkan 68 siswa kelas XI MIPA semester genap tahun ajaran 2023/2024 yang dipilih melalui teknik puposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model GiReSiMCo memperoleh nilai persentase sebesar 93,3% pada aktivitas guru dan 94,4% pada aktivitas siswa. Analisis N-Gain menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif yang tinggi pada kelas eksperimen (0,71) dan sedang pada kelas kontrol (0,43). Ketercapaian mindmap sangat baik dengan nilai sebesar 80 (pertemuan I) dan 82,5 (pertemuan II). Uji Mann-Whitney menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar kognitif siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data tersebut diperkuat oleh hasil uji effect size yang menunjukkan kategori berpengaruh kuat dengan nilai sebesar 1,20. Hasil respon siswa terhadap pembelajaran memperoleh kriteria baik dengan persentase 68,25%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran GiReSiMCo berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem reproduksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: GiReSiMCo; Hasil belajar kognitif; Mind mapping; Sistem reproduksi
Subjects: Education
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Qurrota A'yun
Date Deposited: 15 Oct 2024 03:06
Last Modified: 15 Oct 2024 03:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100064

Actions (login required)

View Item View Item