Muhammad, Raji Rahma (2024) Pengaruh kompetensi profesional Guru dan budaya sekolah terhadap motivasi belajar siswa : Penelitian di Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1. COVER.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4. BAB I.pdf Download (498kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
||
Text (BAB III)
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) |
||
Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan antara lain: 1) Kompetensi profesional guru yang terhitung rendah, 2) penerapan budaya sekolah yang kurang maksimal, dan 3) motivasi belajar siswa yang terhitung rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi profesional guru dan budaya sekolah terhadap motivasi belajar di Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Daerah Garut. Penelitian ini berdasarkan kerangka berpikir teori kompetensi profesional guru yang menyatakan bahwa “Kompetensi profesional merupakan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang dimana didalamnya mencakup materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuan, berdasarkan kerangka berpikir teori budaya sekolah yang mengatakan “budaya sekolah merupakan kerangka kerja yang disadari dan terdiri dari sikap-sikap, nilai-nilai, norma-norma, perilaku-perilaku dan harapan antara warga sekolah, berdasarkan teori yang mengatakan “Motivasi belajar merupakan keseluruhan daya penggerak yang terletak di dalam diri peserta didik yang memunculkan niat untuk melakukan kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek dapat tercapai. Penelitian ini melihat sebuah asumsi bahwa keberhasilan pendidikan dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah motivasi belajar. Maka motivasi belajar pun dapat dipengaruhi berbagai faktor seperti kompetensi profesional guru dan budaya sekolah. Sehingga hipotesis yang diajukan adalah semakin baik komptensi profesional guru serta budaya sekolah yang positif, maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling. Sumber data di ambil dari siswa di Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Daerah Garut yang mencakup MTs Darul Arqam Putra, MTs Darul Arqam Putri, MA Darul Arqam Putra dan MA Darul Arqam Putri. Instrument penelitian menggunakan angket. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda (Uji t dan Uji F) serta koefien Determinasi. Hasil penelitian menunjukan: 1) terdapat pengaruh kompetensi profesional guru (X1) terhadap motivasi belajar (Y) sebesar 20,1%, 2) terdapat pengaruh budaya sekolah (X2) terhadap motivasi belajar (Y) sebesar 29,6%, dan 3) terdapat pengaruh kompetensi profesional guru (X1) dan budaya sekolah (X2) terhadap motivasi belajar (Y) sebesar 31,5%. Pentingnya peningkatan kompetensi profesional guru dan penerapan budaya sekolah yang baik sehingga mampu menghadirkan motivasi belajar siswa yang tinggi pula.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Profesional Guru; Budaya Sekolah; Motivasi Belajar |
Subjects: | General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Raji Rahma Muhammad |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 02:27 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 02:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100332 |
Actions (login required)
View Item |