Lailatul, Rizqi St (2024) Pengaruh model RICOSRE terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (272kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (996kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (604kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis siswa sangat rendah sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang efektif untuk melatih keterampilan tersebut. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model RICOSRE terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain Non Equivalent Control Group. Sampel terdiri atas 72 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian mencakup lembar observasi, soal berindikator keterampilan berpikir kritis, dan angket kendala siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan kinerja guru dan aktivitas siswa berada pada kriteria sangat baik. Rata-rata nilai posttest keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas dengan menggunakan model RICOSRE sebesar 84,20 dengan kriteria tinggi, sementara pada kelas tanpa menggunakan model RICOSRE sebesar 62,35 dengan kriteria sedang. Uji hipotesis menunjukkan nilai thitung(12,48) > ttabel(2,00), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan signifikan dalam keterampilan berpikir kritis antara kedua kelas. Data tersebut didukung nilai effect size sebesar 2,31 dengan kriteria sangat besar. Kendala siswa pada pembelajaran menggunakan model RICOSRE tercatat sebesar 12% dengan sebagian kecil siswa mengalami kendala. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model RICOSRE berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi. Penelitian ini dapat dijadikan sumber referensi model pembelajaran untuk melatih keterampilan berpikir siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berpikir Kritis; Model RICOSRE; Sistem Reproduksi |
Subjects: | Education > Statistic of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Biology Human Physiology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | St. Lailatul Rizqi |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 03:22 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 04:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100604 |
Actions (login required)
View Item |