Chairunnisa, Ririn Nur (2024) Pengembangan E-Module pada materi protein berorientasi literasi kimia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Dati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
Bab I.pdf Download (308kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (816kB) |
||
Text (BAB III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
||
Text (BAB IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan, analisis hasil uji validasi, mendeskripsikan tampilan e-module dan analisis hasil uji kelayakan e-module pada materi protein berorientasi literasi kimia. Penelitian ini menggunakan metode Design Based Research (DBR). Prosedur penelitian yang digunakan mengacu pada tahapan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dimodifikasi sampai tahap pengembangan (Development). Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa dibutuhkan inovasi media atau sumber bahan ajar pada materi protein untuk meningkatkan kemampuan literasi pada peserta didik. Tampilan e-module pada materi protein berorientasi literasi kimia ditampilkan sesuai dengan aspek literasi kimia meliputi aspek konteks, aspek konten, aspek proses dan aspek sikap. Hasil uji validasi e-module memiliki nilai rata-rata pada aspek materi, bahasa dan tampilan masing-masing sebesar 0,89; 0,84; dan 0,87. Secara keseluruhan didapatkan nilai rata-rata ketiga aspek yaitu sebesar 0,86, e-module dinyatakan valid dengan interpretasi tinggi. Hasil uji kelayakan memiliki nilai rata-rata pada aspek materi, bahasa dan tampilan masing-masing sebesar 85,7%; 88,3% dan 85,5%. Secara keseluruhan hasil rata-rata persentase dari ketiga aspek yaitu sebesar 86,5% dengan kualifikasi layak. Hal tersebut menunjukan bahwa e-module dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-module; protein; literasi kimia |
Subjects: | Education Elementary Education > Science for Elementary Education Biochemistry > Proteins |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ririn Nur Chairunnisa |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 04:14 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 04:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100616 |
Actions (login required)
View Item |