Pengaruh metode Glenn Doman terhadap peningkatan kemampuan memabaca permulaan siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas I MI Matlaul Atfal Kota Bandung

Rif'ah, Ririf (2024) Pengaruh metode Glenn Doman terhadap peningkatan kemampuan memabaca permulaan siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas I MI Matlaul Atfal Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)

Abstract

Ririf Rifah 1202090077. “Pengaruh Metode Glenn Doman Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Matlaul Atfal Kota Bandumg” (Penelitian Quasi Eksperimen). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Terdapat 21 dari 45 atau 47% peserta didik kelas I di MI Matlaul Atfal yang mendapati nilai dibawah KKM. Rendahnya kemampuan membaca permulaan disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu penerapan metode pembelajaran yang kurang efektif. Kemampuan membaca permulaan siswa dapat ditingkatkan dengan memperbaiki metode pembelajaran. Banyak metode pembelajaran interaktif yang dapat diterapkan, peneliti menerapkan metode glenn doman di kelas I-A dan metode eja di kelas I-B. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) kemampuan membaca setelah diterapkan metode glenn doman pada kelas eksperimen dan metode eja pada kelas kontrol dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas I MI Matlaul Atfal Kota Bandung 2) Untuk mengetahui pengaruh penrapan metode glenn doman pada kelas eksperimen terhadap kemampuan membaca siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas I MI Matlaul Atfal Kota Bandung. Dengan menggunakan metode glenn doman yang menggabungkan antara pendidikan dengan hiburan atau permainan, dapat menumbuhkan semangat dalam kegiatan belajar, meningkatkan keterlibatan siswa, memperkuat motivasi belajar, mengembangkan keterampilan sosial siswa, dan mengurangi rasa bosan saat pembelajaran. Kemampuan membaca permulaan adalah ketrampilan dasar dalam aspek bahasa anak yang menjadi bekal untuk jenjang pendidikan berikutnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group Desain. Penelitian ini dilaksanakan selama empat kali pertemuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Matlaul Atfal. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa Kelas I-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 23 orang, dan Kelas I-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest sebelum diterapkan treatment di kelas eksperimen memperoleh nilai 75, sedangkan di kelas kontrol memperoleh nilai 73,25, kedua kelas berada di kategori cukup. Peningkatan kedua kelas terlihat dari hasil uji Ngain, kelas eksperimen memiliki rata-rata peningkatan sebesar 0,31 berada pada kategori sedang. Sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata peningkatan sebesar 0,18 berada pada kategori rendah. Terdapat perbedaan rata-rata peningkatan antara kedua kelas yang dibuktikan dengan uji t-independent. Hasilnya menunjukkan nilai asymp.sig. sebesar 0,001 yang berarti < 0,05 menunjukkan bahwa hipotesis diterima dan terdapat perbedaan nlai rata-rata peningkatan kemampuan membaca permulaan pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa yang menggunakan metode glenn doman dengan siswa yang menggunakan metode eja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Permulaan; Metode Glenn Doman; Metode Eja
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ririf Rifah
Date Deposited: 28 Oct 2024 00:54
Last Modified: 28 Oct 2024 00:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100789

Actions (login required)

View Item View Item