Pembinaan Akhlak Al-karimah melalui Penyuluhan Agama di kalangan masyarakat Pesisir (Penelitian di Muaragembong Kabupaten Bekasi).

Sa'adah, Nuratiqoh (2018) Pembinaan Akhlak Al-karimah melalui Penyuluhan Agama di kalangan masyarakat Pesisir (Penelitian di Muaragembong Kabupaten Bekasi). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_COVER)
1_Cover.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text (5_BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text (6_BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (7_BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (8_DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy

Abstract

Islam menginginkan suatu masyarakat yang berakhlak mulia. Akhlak yang mulia ini sangat ditekankan karena di samping akan membawa kebahagiaan bagi individu, juga sekaligus membawa kebahagiaan masyarakat pada umumnya. Pembinaan akhlak merupakan salah satu tugas Penyuluh agama kepada masyarakat beragama khususnya masyarakat di kalangan pesisir muaragembong yang mayoritas beragama Islam. Masalah akhlak ini sangat darurat yang harus terus menerus dibina. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kondisi masyarakat pesisir, (2) mendiskripsikan Pembinaan Akhlak Al-Karimah melalui Penyuluhan Agama di kalangan masyarakat Pesisir Muaragembong, dan (3) untuk mengetahui hasil dari pembinaan akhlak pada masyarakat pesisir muaragembong Kabupaten Bekasi. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif, menggambarkan keadaan status fenomena secara sistematik dan rasional (logika). Alasan penggunaan metode deskriptif karena penulis akan menggambarkan fenomena yang terjadi di lokasi penelitian secara apa adanya berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kondisi objektif akhlak masyarakat pesisir Muaragembong cenderung memiliki akhlak yang kurang baik. Proses Pembinaan ini berbentuk pengajian mingguan, harian, dan bulanan. (1) Keberhasilan perubahan akhlak setelah mengikuti pembinaan akhlak pada anak-anak ialah mulai mengerjakan shalat, patuh pada orang tua, suka membantu, saling menghormati, dan lain-lain. (2) keberhasilan perubahan akhlak pada remaja setelah mengitkuti pembinaaan akhlak yakni remaja menjadi aktif di mesjid, sering shalat berjamaah di mesjid, ikut serta dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh penyuluh seperti PHBI. (3) keberhasilan pembinaan akhlak pada orang tua yaitu dalam ibadah sehari-hari mereka mulai tepat waktu, dan kurangnya rasa percaya pada yang gaib dan sebagainya. Melalui pembinaan akhlak al-karimah masyarakat menyadari bahwa di dalam masalah keagamaan sering memberikan kesadaran yang penting untuk merubah perilaku hidup mereka sehari-hari dalam hal berakhlak pada Tuhan-Nya, berakhlak pada sesama, dan berakhalak pada lingkungannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembinaan;akhlak;penyuluh;masyarakat pesisir
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
General Management > Consumer Behavior
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Nuratiqoh Sa'adah
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:55
Last Modified: 06 Jun 2018 04:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10091

Actions (login required)

View Item View Item