Atqiya, Afifah Barkatul (2024) Manajemen pendidikan pondok pesantren berbasis program Mu'adalah: Studi kasus pada satuan pendidikan Mu'adalah Salafiyah Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (473kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (862kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (766kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (803kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh diskusi yang sering terjadi di kalangan ahli pendidikan, baik melalui media cetak, elektronik, maupun seminar, umumnya berfokus pada program dan metode pengajaran. Sayangnya, aspek manajemen pendidikan seringkali terabaikan. pendidik formal maupun non-formal tidak hanya bertanggung jawab atas aspek profesional pendidikan, tetapi juga terlibat dalam kegiatan manajerial. Oleh karena itu, pengelolaan lembaga pendidikan secara profesional sangat diperlukan. Salah satu lembaga pendidikan yang membutuhkan pengelolaan profesional adalah pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan manajemen pendidikan pondok pesantren berbasis mu'adalah dengan menggunakan empat fungsi manajemen yang dikemukakan oleh George Terry yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pengaktualisasian, pengendalian atau pengawasan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari: Ketua Satuan Pendidikan Mu'adalah tingkat tsanawy dan ulya. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya: 1) Perencanaan Program Mu'adalah di Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya dirumuskan melalui diskusi dengan ahli, mempertimbangkan nilai Islam, kebutuhan santri, dan konteks sosial, serta mengikuti perkembangan zaman dan standar nasional. 2) Pelaksanaan pengalaman belajar didasarkan pada integrasi ilmu, relevansi materi, keseimbangan teori dan praktik, serta konteks sosial, menggunakan metode seperti sorogan, sistem balagan, kelas klasikal, kuliah umum, mudzakarah, dan tafarukan. 3) Pengorganisasian pengalaman belajar dilakukan secara terstruktur dan holistik, mengintegrasikan pengetahuan agama dengan kehidupan nyata santri, dengan materi disusun sistematis dari sederhana ke kompleks. 4) Pengawasan fokus pada perubahan perilaku dan pencapaian tujuan pendidikan melalui tes tertulis dan lisan, dilakukan berkala untuk memantau perkembangan santri, memberikan umpan balik konstruktif, dan mendukung perbaikan berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen pendidikan; pondok pesantren; program mu'adalah |
Subjects: | Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Afifah barkatul atqiya |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 08:13 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 08:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100913 |
Actions (login required)
View Item |