Nurhasanah, Shella (2024) Penerapan metode pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) berbasis konstruktivisme dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis: Studi pada peserta didik kelas VIII SMPN 71 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTER ISI)
3_daftarisi.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (466kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (951kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perlu ditingkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik pelajaran matematika di salah satu sekolah menengah pertama Bandung. Hal ini disebabkan kurangnya guru dalam menggunakan metode pembelajaran. Sehingga menyebabkan pembelajaran tidak menarik dan cenderung membosankan, berdampak pada kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: penigkatan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang menggunakan pembelajaran model STAD berbasis konstruktivisme pelajaran matematika kelas VIII SMPN 71 Bandung; peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang menggunakan konvensional; peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik lebih baik antara menggunakan model STAD berbasis konstruktivisme dengan peserta didik pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukan: peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis yang menggunakan pembelajaran model STAD berbasis konstruktivisme berdasarkan nilai N-Gain dengan kategori sedang; peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dengan pembelajaran konvensional berdasarkan nilai N-Gain dengan kategori sedang; Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik model pembelajaran STAD berbasis konstruktivisme lebih baik daripada peserta didik pembelajaran konvensional. Hal ini berdasarkan rata-rata N-Gain dan dihitung uji t-independent diperoleh hasil dengan kesimpulan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dengan model STAD berbasis konstruktivisme lebih baik dari pada peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif; Student Team Achievement Division (STAD); Konstruktivisme; Kemampuan Berpikir Kritis Matematis |
Subjects: | Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics Mathematics > Research Methods of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Shella Nurhasanah |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 01:15 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 01:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/101149 |
Actions (login required)
View Item |