Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala madrasah dan pemanfaatan fasilitas pendidikan terhadap mutu layanan pendidikan : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se kabupaten Cianjur

sari, Aida Karimah Permata (2024) Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala madrasah dan pemanfaatan fasilitas pendidikan terhadap mutu layanan pendidikan : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se kabupaten Cianjur. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy

Abstract

Mutu layanan pendidikan di MAN se-Kabupaten Cianjur menunjukkan perkembangan yang baik, berkat peran kepala madrasah yang menerapkan kepemimpinan transformasional. Hal ini tercermin melalui implementasi program-program seperti pengembangan karakter dan kepemimpinan siswa, pembelajaran agama yang aplikatif, serta program pembinaan siswa berkelanjutan yang didukung oleh fasilitas dan lingkungan belajar yang kondusif. Namun, dalam pelaksanaannya, beberapa program tersebut belum sepenuhnya optimal, terutama program pembinaan siswa berkelanjutan yang belum terlaksana secara maksimal dan pemanfaatan fasilitas yang belum efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: kepemimpinan transformasional kepala madrasah, pemanfaatan fasilitas pendidikan, mutu layanan pendidikan, pengaruh kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap mutu layanan pendidikan, pengaruh pemanfaatan fasilitas pendidikan terhadap mutu layanan pendidikan dan pengaruh kepemimpinan transformasional kepala madrasah dan pemanfaatan fasilitas pendidikan secara simultan terhadap mutu layanan pendidikan pada Madrasah Aliyah Negeri se- Kabupaten Cianjur. Penelitian ini berdasarkan kerangka berpikir teori kepemimpinan transformasional menurut Bass yang menyatakan bahwa kepemimpinan transformasioanl harus memiliki empat dimensi, yaitu: perilaku ideal, motivasi inspirasi, stimulasi intelektual dan pertimbangan individu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survai dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Cianjur berjumlah 2638 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random). Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Isaac and Michael. Hasil perhitungannya menghasilkan 347 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan pengukuran skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kepemimpinan transformasional kepala MAN se-Kabupaten Cianjur terlaksana dengan baik (78,84 %). Fasilitas pendidikan dimanfaatkan dengan baik (82,5 %). Mutu layanan pendidikan tergolong baik (75 %). Nilai ini menunjukkan bahwa mutu layanan pendidikan di MAN se Kabupaten Cianjur dikatakan baik dengan adanya transformasi kepala madrasah dan fasilitas pendidikan yang relatif memadai dan dapat dimanfaatkan dengan baik. Kepemimpinan transformasional kepala madrasah berpengaruh sebesar 0,188 atau 18,8 % terhadap mutu layanan pendidikan di MAN se-Kabupaten Cianjur. Pemanfaatan fasilitas pendidikan berpengaruh signifikan sebesar 0,776 atau 77,6 % terhadap mutu layanan pendidikan di MAN se-Kabupaten Cianjur. Kepemimpinan transformasional kepala madrasah dan pemanfaatan fasilitas pendidikan berpengaruh signifikan sebesar 0,778 atau 77.8 % terhadap mutu layanan pendidikan di MAN se-Kabupaten Cianjur. Berdasarkan hasil temuan, maka penelitian ini merekomendasikan kepala madrasah perlu memperkuat motivasi dan dorongan terhadap guru dan siswa untuk lebih aktif terlibat dalam pengembangan program, serta memaksimalkan pemanfaatan fasilitas untuk mendukung pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif sehingga berkontribusi langsung terhadap peningkatan mutu layanan pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: General Management > Personnel Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: aida karimah permata sari
Date Deposited: 25 Nov 2024 03:18
Last Modified: 25 Nov 2024 03:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/101770

Actions (login required)

View Item View Item