Branding Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat dalam optimalisasi hutan melalui Kegiatan Pasar Leuweung

Nurlatifah, Jamiah (2024) Branding Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat dalam optimalisasi hutan melalui Kegiatan Pasar Leuweung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy

Abstract

Branding merupakan upaya yang diciptakan untuk menentukan perbedaan nilai suatu merek dengan merek lainnya. Branding saat ini tidak hanya digunakan oleh individu namun suatu lembaga juga dapat menerapkan proses Branding. Lembaga yang menggunakan teknik Branding salah satunya yaitu Dinas Kehutanan. Dinas Kehutanan melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan eksistensi salah satunya melalui Pasar Leuweung. Pasar Leuweung menjadi ciri khas unik yang dimiliki Dinas Kehutanan, selain memiliki nama yang unik Pasar Leuweung juga menjadi wadah berbagai kegiatan yang menguntungkan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya membangun Branding yang dilakukan Dinas Kehutanan melalui kegiatan Pasar Leuweung, menggunakan model VCI yang diperkenalkan oleh Hatch & Schultz. Model VCI ini mencakup tiga aspek utama yaitu Strategic Vision, Organizational Culture dan Stakeholder Images dalam melakukan Branding melalui Pasar Leuweung. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivistik dengan pendekatan kualitatif. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, degan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi partisipatori pasif dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini, Branding yang dilakukan Dinas Kehutanan dalam optimalisasi hutan melalui kegiatan Pasar Leuweung diantaranya: 1) Strategic Vision: melakukan empat tahapan yaitu melakukan kegiatan pelestarian hutan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, publikasi dan pemberian nama yang unik (naming). 2) Organizational Culture: memiliki dua poin utama yaitu melaksanakan kolaborasi dengan pihak internal dan eksternal, dan melaksanakan sistem kerja yang fleksibel (tidak kaku). 3) Stakeholder Images: memiliki dua poin utama yaitu memiliki citra yang baik dan memiliki sifat keterbukaan informasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Branding;Pemberdayaan Masyarakat;Pasar Leuweung;Model VCI
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Garden Crops, Horticulture, Vegetables > Native Habitats of Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Jamiah Nurlatifah
Date Deposited: 21 Nov 2024 06:10
Last Modified: 21 Nov 2024 06:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/101826

Actions (login required)

View Item View Item