Implementasi standar pelayanan ibadah umrah menurut peraturan menteri agama no.5 tahun 2021 dalam meningkatkan kepuasan jemaah: Penelitian pada PT Jejak Imani Berkah Bersama cabang Bandung

Sapitri, Yanti (2024) Implementasi standar pelayanan ibadah umrah menurut peraturan menteri agama no.5 tahun 2021 dalam meningkatkan kepuasan jemaah: Penelitian pada PT Jejak Imani Berkah Bersama cabang Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (585kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka (1) (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy

Abstract

Umrah merupakan hal yang sangat penting bagi umat Islam, dan setiap tahun ada ribuan jemaah yang melaksanakan ibadah ini. Mengingat pentingnya ibadah umrah dalam kehidupan spiritual umat Islam, kualitas pelayanan yang diberikan oleh penyelenggara umrah menjadi faktor kunci dalam memastikan pengalaman beribadah yang memuaskan bagi jemaah. Pelayanan yang diberikan selama perjalanan umrah mencakup berbagai aspek, mulai dari pengurusan administrasi, transportasi, akomodasi, hingga bimbingan ibadah dan perlindungan. Menyadari kompleksitas rantai pelayanan ini, penerapan standar pelayanan yang jelas dan konsisten sangat penting. Standar dalam PMA No. 5 Tahun 2021 dirancang agar setiap jemaah mendapatkan layanan sesuai atau bahkan lebih dari yang diharapkan. Namun, dalam praktiknya, masih banyak tantangan dalam penerapan standar ini. Oleh karena itu, penting untuk memahami sejauh mana standar tersebut diterapkan dalam perjalanan umrah dan dampaknya pada kepuasan jemaah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan ibadah umrah, tahapan pelayanan ibadah umrah, serta mengevaluasi pelayanan ibadah umrah di PT Jejak Imani Berkah Bersama Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan paradigma konstuktivisme yang melibatkan wawancara mendalam dengan jamaah umrah dan penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU). Data juga diperoleh melalui observasi lapangan dan analisis dokumen terkait. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori yang dikemukakan oleh Zeithhml, Parasuraman dah Beryl terkait kualitas pelayanan yang terdiri dari Kehandalan (Reliability), Jaminan (Assurance), Bukti Langsung (Tangibles), Kemampuan memahami pelanggan (Empathy), Daya tanggap (Responsiveness). Teori ini memberikan kerangka yang jelas untuk memahami kualitas pelayanan serta dampak terhadap kepuasan jemaah melalui lima dimensi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan pelayanan di PT Jejak Imani Bandung sesuai baik dari segi bimbingan, pelayanan administrasi, akomodasi, transportasi, kesehatan jemaah, perlindungan jemaah dengan PMA No. 5 Tahun 2021. Kualitas pelayanan yang diberikan PT. Jejak Imani telah memenuhi standar kepuasan jemaah. Evaluasi pelayanan yang dilakukan ialah dengan menggunakan survei kepuasan jemaah dan sistem keluhan dan saran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan yang konsisten dari standar pelayanan dalam PMA No. 5 Tahun 2021, Tahapan pelayanan yang sesuai dengan PMA, didukung oleh kualitas layanan yang baik dan evaluasi berkelanjutan dari penyelenggara umrah, mampu meningkatkan kepuasan jemaah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Standar Pelayanan; Ibadah Umrah; PMA No. 5 Tahun 2021; Kepuasan Jamaah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Umrah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: yanti sapitri
Date Deposited: 02 Dec 2024 04:17
Last Modified: 02 Dec 2024 06:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/102055

Actions (login required)

View Item View Item