Implementasi Kebijakan Absensi Berbasis Retina Scanning di Kantor Kecamatan Bandung Wetan Kota Bandung (Berdasarkan Perwal no. 677 tahun 2016 tentang Disiplin Kehadiran ASN di Lingkungan Pemerintahan Kota Baandung)

Ruhiat, Selma Fauziah (2018) Implementasi Kebijakan Absensi Berbasis Retina Scanning di Kantor Kecamatan Bandung Wetan Kota Bandung (Berdasarkan Perwal no. 677 tahun 2016 tentang Disiplin Kehadiran ASN di Lingkungan Pemerintahan Kota Baandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Teknologi di era globalisasi ini telah berkembang dengan sangat pesat. Tidak dipungkiri bahwa sekarang teknologi sudah masuk ke ranah pemerintahan. Implementasi Kebijakan Absensi Berbasis Retina Scanning ini telah dilaksanakan di hampir seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) kota Bandung. Pada dasarnya absensi merupakan daftar kehadiran pegawai yang berisi jam datang dan jam pulang serta alasan keterangan kehadiranya. Sistem absesni manual dirasa kurang bisa memberikan kedisiplinan. Karena itu pemerintah kota Bandung khususnya menerapkan sistem absensi elektronik, menggunakan retinna mata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan absensi berbasis retina scanning da faktor prnghambat penerapan absensi berbasis retina scanning di kantor kecamatan Bandung Wetan kota Bandung. Penelitia ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian secara langsung dengan mengumpulkan data menggunakan sistem wawancara dengan ASN (Aparatur Sipil Negara) yang ada di kecamatan Bandung wetan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi kebijakan absesnsi berbasis retina scanning ini sudah berjalan dengan baik, dan sudah efektif. Hal ini dibuktikan dengan absensi ini membawa dampak positif bagi seluruh ASN yang bekerja di kantor kecamatan Bandung Wetan Kota Bandung. Dampak positifnya yaitu, setiap ASN lebih bertanggung jawab akan pekerjaanya, karena dengan adanya sistem absensi ini dimana jika tidak memenhi absensi 100% maka akan berpengaruh juga terhadap penghasilan. Selanjutnya yaitu dengan adanya absensi ini ASN yang bekerja di kantor kecamatan Bandung Wetan Kota Bandung lebih disiplin lagi mengenai waktu dan juga karena absensi ini berbasis TKD (Tunjangan Kinerja Daerah) jadi jika dari sisi absensi tidak memenhi kuota/keterlambatanya melebihi ketentuan maka tunjangan yang di dapat akan mendapat pengurangan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu masalah teknis seperti mesin rusak, koneksi internet kurang stabil dan juga faktor penghambat yang paling utama yaitu terdapat pada diri/individu masing-masing pegawai bagaimana pegawai menyikapi tentang terdapatnya sistem absensi retina scanning ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan;Absensi Retina Scanninng
Subjects: Administration of The Physical Plant
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Selma Fauziah Ruhiat
Date Deposited: 05 Jun 2018 07:18
Last Modified: 05 Jun 2018 07:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10211

Actions (login required)

View Item View Item