Imtihanah, Imas Masruroh (2024) Pengembangan Project Based Learning (PJBL) melalui aplikasi android dalam meningkatkan capaian pembelajaran Fiqih: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bandung dan Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Baitus Shofa Ciheulang Bandung. Doktoral thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (30MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (51MB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (81MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya Capaian Pembelajaran siswa Madrasah Aliyah dalam mata pelajaran Fiqih. Hal ini berdasarkan studi pendahuluan pembelajaran fiqih terkait hasil test kompetensi nilai raport kelas X dari beberapa kelas pada sekolah masing masing umumnya mencapai 70 % yang mencapai KKM dari nilai KKM 75. Dengan demikian capaian pembelajaran masih kurang. Tujuan penelitian ini yaitu, menjelaskan analisis kebutuhan, membuat desain, melakukan development, mengimplemantasikan produk, dan mengevaluasi pengembangan Project Based Learning (PJBL) melalui aplikasi berbasis android (MaBar FIQIH) dalam meningkatkan capaian pembelajaran Fiqih kelas X di MAN 2 Bandung dan MAS Baitus shofaa, sehingga layak dan dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Convergent Parallel Mixed Method dan Metode penelitiannya R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Adapun subjek penelitian yakni ahli media, ahli materi, dan siswa kelas X MAN 2 Bandung yang berjumlah 355 siswa, dan siswa kelas X MAS Baitus Shofaa Ciheulang Bandung yang berjumlah 150 siswa. Hasil implementasi pengembangan diterapkan dalam pembelajaran untuk mengetahui pengaruhnya terhadap capaian pembelajaran, dengan di lakukan uji validitas, membandingkan nilai rtabel, dengan nilai rhitung = 1.000, sedangkan nilai rtabel (dk = n = 355, α = 0,05), sehingga diperoleh rtabel = 0,379, ternyata rhitung > rtabel berarti valid. Hasil output dengan nilai rhitung Cronbach’s Alpha 1.000, maka reliabilitas baik sekali karena pada uji daya pembeda dikategorikan D = 0,71 -- 1,00 → Baik Sekali. Hasil dari pre test dan post test memiliki nilai sig < 0,05, maka dapat diartikan data dapat berdistribusi dengan “ normal”, nilai Asymp Sig kurang dari (0,0020 < 0,05). Maka dapat diartikan data dapat berdistribusi dengan “normal”, Maka kesimpulan dari analisis diatas yaitu Ho ditolak dan Ha diterima yang maknanya terdapat perbedaan peningkatan capaian pembelajaran fiqih setelah di beri perlakuan pengembangan project based learning (PJBL) melalui aplikasi MaBar Fiqih.
Item Type: | Thesis (Doktoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning (PJBL); Aplikasi Android (MaBar FIQIH); Capaian Pembelajaran Fiqih |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Ilmu Pendidikan Islam |
Depositing User: | imas masruroh Imtihanah |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 01:09 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 01:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/102193 |
Actions (login required)
View Item |