Nurhayati, Sri (2019) Penerapan metode True Or False untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada subtema peristiwa kebangsaan masa penjajahan penelitian tindakan kelas di kelas V Min 2 Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover (1).pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (4).pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (391kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (726kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum penerapan metode True or False, mengetahui apakah ada pengaruh penerapan metode True or False pada subtema peristiwa kebangsaan masa penjajahan di MIN 2 Sumedang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya metode pembelajaran di MIN 2 Sumedang hanya mengandalkan metode ceramah guru belum menguasai metode-metode modern, sehingga membuat siswa kurang memahami pembelajaran dengan efektif yang sebelumnya hanya menjelaskan dengan sekilas tidak dijelaskan secara maksimal seperti dengan mengadakan simulasi yang berkaitan dengan materi dan siswa ketika diberikan tugas oleh guru. Ini terlihat baik dengan peningkatan aktivitas guru dan siswa rata-rata pada setiap siklus. Aktivitas guru pada siklus I sebesar 47,06% dan meningkat pada siklus II yaitu sebesar 82,35% Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I hanya 49,04% sedangkan pada siklus II meningkat 87,51% Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa metode True or False dapat meningkatkan hasil aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sekolah Dasar; Ilmu Pengetahuan Sosial; Aktivitas Belajar |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Elementary Education Elementary Education > Elementary School |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sri Nurhayati |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 01:22 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 01:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/102209 |
Actions (login required)
View Item |