Penerapan metode True Or False untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada subtema peristiwa kebangsaan masa penjajahan penelitian tindakan kelas di kelas V Min 2 Sumedang

Nurhayati, Sri (2019) Penerapan metode True Or False untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada subtema peristiwa kebangsaan masa penjajahan penelitian tindakan kelas di kelas V Min 2 Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover (1).pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (4).pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum penerapan metode True or False, mengetahui apakah ada pengaruh penerapan metode True or False pada subtema peristiwa kebangsaan masa penjajahan di MIN 2 Sumedang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya metode pembelajaran di MIN 2 Sumedang hanya mengandalkan metode ceramah guru belum menguasai metode-metode modern, sehingga membuat siswa kurang memahami pembelajaran dengan efektif yang sebelumnya hanya menjelaskan dengan sekilas tidak dijelaskan secara maksimal seperti dengan mengadakan simulasi yang berkaitan dengan materi dan siswa ketika diberikan tugas oleh guru. Ini terlihat baik dengan peningkatan aktivitas guru dan siswa rata-rata pada setiap siklus. Aktivitas guru pada siklus I sebesar 47,06% dan meningkat pada siklus II yaitu sebesar 82,35% Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I hanya 49,04% sedangkan pada siklus II meningkat 87,51% Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa metode True or False dapat meningkatkan hasil aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sekolah Dasar; Ilmu Pengetahuan Sosial; Aktivitas Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Elementary Education
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sri Nurhayati
Date Deposited: 05 Dec 2024 01:22
Last Modified: 05 Dec 2024 01:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/102209

Actions (login required)

View Item View Item